Kediri(adakitanews.com)—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Kediri menggelar Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Kegiatan langsung bertempat di stadion Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kedir Minggu malam (22/12/19).

Hadir dalam kegiatan launching KPU RI, KPU Jatim, Ketua KPU Kab Kediri berserta Komisioner dan juga tamu undangan. Dalam sambutannya, Ketua KPU Kab Kediri, Ninik Sunarmi mengatakan, Alhamdulilah hari ini kita melaksanakan launching Pemilihan KPU Kab Kediri.

Launching ini digelar untuk memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa di Kab Kediri akan menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

“Dengan digelarnya kegiatan launching ini, masyarakat Kab Kediri tahu bahwa akan dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Yang nantinya partisipasi masyarakat untuk mensukseskan Pemilu tahun 2020. Ditahun 2015 peran serta masyarakat mengalami pasang surut. Terahkir ditahun 2015 peran masyarakat menyusut 69,5 persen, “kata Ninik Sunarmi.

Ketua KPU Kab Kediri juga mengharapkan, sebagai penyelenggara, partisipasi masyarakat untuk mensukseskan pemilu 2020 sangatlah penting. Dan juga, tentunya kami juga berharap di Pemilu tahun 2020 bisa bejalam dengan aman, kondusif dan tertib.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, secara resmi menggelar launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020, dengan mengusung maskot Si Nadi (Si Nanas Demokrasi Kediri). Launching yang dilaksanakan di Stadion Canda Bhirawa tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Maskot dan Jinggle yang diadakan sebelumnya.

Nanang Qosim selaku Komisioner KPU Kabupaten Kediri Bidang Divisi SDM, dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) mengatakan bahwa Pemilihan Si Nadi sebagai maskot Pilbup dihasilkan dari lomba jinggel dan maskot yang digelar KPU Kabupaten Kediri beberapa waktu yang lalu.

Maskot tersebut berbentuk buah nanas yang menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Kediri dari wilayah lereng Gunung Kelud. Sebelum dilakukan launcing, ketua KPU beserta komisioner serta perwakilan dari KPU Profinsi membunyikan sirene secara bersama-sama sebagai tanda jika mascot dan jinggel pemilihan bupati dan wakil bupati Kediri di launcing. Dan hal itu juga menandai proses tahapan Pilkada serentak 2020 telah dimulai.

“Mascot harus mengenal etitasi diri, jadi mascot ini melambangkan salah satu etitas yaitu nanas kelud atau nanas Kediri, jadi ini adalah produck local yang divisualisasi menjadi mascot pemilihan disebut Si Nadi (Si Nanas Demokrasi Kediri), yakni nanas adalah produk Kediri, demokrasi wujud dari pemilihan, Kediri adalah milik kita bersama, dan teklit kita adalah Kediri Selalu Dihati,” jelas Nanang Qosim.(gar).