KPU Kabupaten Kediri Minta di Setiap Parpol ada Petugas Penghubung

Kediri(adakitanews.com)—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, meminta seluruh partai politik (parpol) calon peserta pemilu untuk menyiapkan petugas penghubung atau laison officer (LO) untuk mempermudah komunikasi terkait dengan verifikasi parpol dan tahapan Pemilu 2024 lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi mengatakan petugas penghubung di setiap parpol dibutuhkan untuk memudahkan komunikasi terkait pendaftaran dan verifikasi partai politik menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Setiap kunjungan ke parpol, kami meminta masing-masig parpol ada LO per dapil dan khusus, sehingga pada saat nanti pengecekan berkas atau yang lainnya itu akan lebih mudah,” ucapnya, Selasa (28/6/2022).

Permintaan itu menurut Ninik didasari dari pengalaman pada pemilu sebelumnya. Selain itu untuk mengantisipasi adanya kekurangan berkas dan ketidaktelitian saat proses tahapan pemilu, sehingga bisa merugikan parpol tersebut.

“Biasanya kalau di waktu injury time pendaftaran pemilu itu ada yang tidak teliti, maka dari itu kami sarankan pendaftaran di awal saja, kalau ada kekurangan bisa langsung dilengkapi berkasnya,” jelasnya.

Untuk kriteria LO sendiri, Ninik meminta agar orang yang ditunjuk bisa cekatan dan paham teknologi.

“Yang pertama harus sat set, gak gampang capek, dan tentu paham IT (informasi dan teknologi),” paparnya.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Ninik, KPU Kabupaten Kediri masih mensosialisasikan tahapan kepada beberapa parpol yang belum di kunjungi. Baik yang berada di dalam parlemen maupun di luar itu.

“Minggu ini targetnya silaturahmi ke 9 parpol sudah selesai. InsyaAllah minggu depan mulai ke parpol yang di luar parlemen,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kediri, Sigit Sosiawan menegaskan jika semua persiapan dalam tahapan Pemilu 2024 nanti telah disiapkan. Salah satunya terkait penunjukan LO atau petugas penghubung partai.

“Sudah kita bahas dari saksi dan LO sudah kita persiapkan juga, Insyaallah Golkar siap semuanya,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kediri Arief Junaidi mengatakan untuk persiapan tahapan pemilu 2024 sudah siap.

Selain itu, pihaknya tidak ingin ada sesuatu hal yang tidak diinginkan dengan pihak KPU Kabupaten Kediri.

“Ini langkah baik bagi kami dengan pihak KPU Kabupaten Kediri pada hari ini bersilaturahmi ke kantor. Tentunya nanti di dalam perjalanan atau tahapan pemilu 2024 tidak ada mis komunikasi,”ungkapnya.(Gar).

Recommended For You