ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung membuka pendaftaran Panitia Pemungut Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang.

“Penerimaan pendaftaran dilaksanakan sejak tanggal 12 Oktober dan ditutup pada 21 Oktober. Kita harapkan semua calon pelamar memenuhi persyaratan,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Suyitno Arman, Kamis (12/10).

Suyitno Arman mengatakan, dibutuhkan 3 orang PPS di setiap desa/kelurahan. Sedangkan jumlah PPK, sebanyak 5 orang di setiap kecamatan. “Rekrutmen PPS dan PPK ini berdasarkan Undang – Undang nomor 10/2016 tentang jumlah yang dibutuhkan dan Undang – Undang nomor 7/2017 tentang persyaratan rekrutmen PPK maupun PPS,” ujar Suyitno Arman.

Dijelaskan, dalam seleksi rekrutmen PPK dan PPS nantinya akan ada tiga tahapan. Yakni meliputi tahapan seleksi administrasi, seleksi tulis, dan seleksi wawancara.

Kehadiran petugas PPS dan PPK dalam Pilkada, menurut Suyitno Arman, sangat diperlukan agar pelaksanaan pesta demokrasi bisa terselenggara dengan jujur dan adil. Selain itu, juga akan menghasilkan pimpinan yang berkualitas. “Harapannya semua masyarakat yang berkompeten bisa segera mendaftar, untuk pendaftaran ini tidak dikenakan biaya,” kata Arman selaku Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

Arman menginformasikan, pada waktu yang sama KPU Kabupaten Tulungagung juga melakukan pendaftaran pemantau pemilihan umum bupati dan wakil bupati 2018. “Untuk pemantau, yang bisa mendaftar hanya organisasi yang berbadan hukum dan bukan organisasi atau lembaga sosial,” jelasnya.(ta1)

Keterangan gambar : Pengambilan formulir pendaftaran di kantor KPU Kabupaten Tulungagung.(foto : acta cahyono)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/131017-ta1-tulungagung-ppk-1024x573.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/131017-ta1-tulungagung-ppk-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,kpu,ppk,pps,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung membuka pendaftaran Panitia Pemungut Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang. “Penerimaan pendaftaran dilaksanakan sejak tanggal 12 Oktober dan ditutup pada 21 Oktober. Kita harapkan semua calon pelamar memenuhi persyaratan,' kata Komisioner...