ADAKITANEWS, Kota Kediri – Menjelang diselenggarakannya Pilwali Kota Kediri tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri terus bekerja keras agar tingkat partisipasi pemilih lebih baik.

Salah satu upayanya adalah dengan dilaunchingnya Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Kota Kediri, Jalan Jaksa Agung Suprapto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Jumat (31/03).

Anis Iva Permatasari selaku Wakil Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Kediri mengatakan, tujuan disediakannya Rumah Pintar Pemilu ini adalah agar masyarakat bisa mengakses info terkait ke-Pemilu-an di Kota Kediri. Tidak hanya itu, Rumah Pintar juga diperuntukkan agar pandangan masyarakat terkait pemilu tidak selalu negatif, sehingga bisa meningkatkan partisipasi pemilu.

“Karena tujuan Rumah Pintar Pemilu ini adalah untuk keterbukaan segala arus informasi terkait dengan pemilu, antara lain tentang pelaksanaan pemilu, makna-makna tentang pemilu, perpustakaan tentang demokrasi, dan yang paling penting adalah tempat simulasi pemilu,” terangnya.

Anis menambahkan, sebenarnya Rumah Pintar Pemilu ini salah satu tindak lanjut dari sosialisasi yang sudah dilakukan oleh KPU Kota Kediri ke masyarakat, baik di sekolah-sekolah, kampus, radio atau forum-forum yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Harapan kita, tingkat partisipasi pemilu di Kota Kediri nantinya lebih dari target yang ditetapkan oleh KPU Pusat, yakni sebesar 75 persen,” jelas Anis Iva Permatasari.

Anis Iva Permatasari juga berharap masyarakat Kota Kediri bisa memanfaatkan Rumah Pintar Pemilu yang ada di KPU Kota Kediri. “Rumah Pintar Pemilu ini juga merupakan program KPU Pusat untuk seluruh KPU Provinsi, maupun Daerah di seluruh Indonesia sehingga kami sangat berharap jika masyarakat khususnya di Kota Kediri bisa memanfaatkannya,” tutupnya.(kdr8)

Keterangan gambar: Anis Iva Permatasari (berkerudung) usai acara launching Rumah Pintar KPU Kota Kediri.(foto: Sugiono)