ADAKITANEWS, Jombang – Rumah Pintar Pemilu (RPP) merupakan inovasi baru dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) untuk lebih memaksimalkan pengetahuan terhadap masyarakat terkait segala yang berhubungan dengan Pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi SE menjelaskan, RPP adalah potret dari pemilihan umum, baik dari aturan maupun pelaksanaannya. Di dalam RPP yang berada tepat di samping kantor KPU Jombang ini terdapat segala bentuk alat peraga mulai dari gambar-gambar yang menjelaskan soal kepemiluan hingga ruang audio visual serta miniatur Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk memudahkan masyarakat dalam mempelajari soal kepemiluan, sudah kami siapkan semua alat peraga,” ungkap Ketua KPU saat ditemui Tim Adakitanews.com di kantornya, selasa (11/04).

Masih dari pemaparan Muhaimin Shofi, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah di Jombang. “RPP yang didanai oleh APBN sebesar Rp 50 juta tersebut dikelola sendiri oleh seluruh anggota KPU dan dibantu dengan Sekretariatan, yang dikomandani langsung oleh Drs M Fatoni Anggota Komisioner,” tambah Ketua KPU Jombang ketika ditanya soal sistem pengelolaannya.

Terakhir saat disinggung terkait peresmian Rumah Pintar Pemilu, Ketua KPU Jombang memaparkan bahwa RPP rencananya akan dibuka sekitar tanggal 22 April 2017.(ar)

Keterangan gambar: Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Jombang.(foto: adi rosul)