ADAKITANEWS, Tulungagung – Setelah menerima berkas dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan pada Rabu (29/11) lalu, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung mulai melakukan verifikasi administrasi berkas dukungan tersebut. Pada proses ini, KPU Tulungagung melibatkan seluruh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) yang tersebar di 19 kecamatan.

“Pada verifikasi administrasi berkas dukungan pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018 ini kita melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Fatah Masrun, Sabtu (09/12).

Verifikasi administrasi ini, meliputi kesesuaian dan keabsahan berkas dukungan yang disampaikan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan. Selain itu KPU Tulungagung juga melakukan verifikasi jumlah dukungan serta serta sebaran dukungan.

Lanjut Fatah, yang juga merupakan Koordinator Divisi Teknis ini, keterlibatan PPK dalam verifikasi administrasi ini akan mempermudah proses selanjutnya. Karena berkas dukungan tersebut akan diserahkan kepada masing-masing PPK yang selanjutnya akan dilakukan tahapan verifikasi faktual ke masing-masing pendukung calon jalur perseorangan.

“Jika setelah dilakukan verifikasi faktual berkas dukungan tidak sesuai dengan jumlah minimal dukungan yang ditetapkan PKU Tulungagung yaitu sebanyak 63.752 dukungan, maka pihak calon masih diberikan kesempatan perbaikan berkas,” ujar Fatah.

“Namun dalam perbaikan tersebut, calon Bupati perseorang harus menyerahkan kekurangan dukungan sebanyak dua kali lipat. Misalkan kurang 2.000, maka yang diserahkan harus 4.000,” imbuhnya.

Diketahui, dalam Pilkada Tulungagung 2018 mendatang, hanya satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati maju lewat jalur perseorangan atau independen, yaitu Suparlan – Suprayitno. Pasangan ini menyerahkan dukungan pada Rabu (29/11) atau hari terakhir pendaftaran untuk calon lewat jalur perseorangan. Tercatat ada sebanyak 64.356 dukungan. Jumlah tersebut telah melebihi syarat minimal yang ditetapkan yakni sebanyak 63.752 dukungan, dan tersebar minimal di 50 persen kecamatan yang ada di Tulungagung.(ta1)

Keterangan gambar : Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lakukan Verifikasi administrasi.(foto : acta cahyono)