ADAKITANEWS, Blitar – Masa kampanye pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur 2018 dimulai sejak 15 Februari 2018 dan berakhir 23 Juni 2018.

Salah satu calon Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (KIP), Rabu (21/02) mengunjungi Blitar dan menyasar ke tempat-tempat pelaku UKM. Kunjungan ini dimulai dari pukul 06.00 WIB dengan mendatangi salah satu produsen ayam petelur di Desa Tumpang Kecamatan Talun, selanjutnya bergeser ke Pasar Wlingi untuk melihat kondisi pedagang di pasar tersebut.

Khofifah mengatakan, bahwa kondisi Pasar Wlingi ini unik, karena pedadang emasnya ramai tetapi pedagang kain agak sepi. Ia menuturkan, menurut keterangan pedagang sepinya pasar ini terjadi sejak dipisahkannya pasar hewan yang sebelumnya menjadi satu dengan pasar tradisional tersebut.

“Ya saat saya melihat pedagang kain memang agak sepi, tapi anehnya saat saya melihat pedagang emas, justru banyak pembeli. Ini tentu membuktikan daya beli masyarakat Blitar masih tinggi, khususnya di Wlingi ini,” katanya.

Setelah selesai berkunjung di Pasar Wlingi, rombongan KIP langsung menuju destinasi wisata di Sumberasri Kecamatan Nglegok, yakni Wisata Bukit Teletubbies, selanjutnya langsung berziarah ke Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar.

Mantan Menteri Sosial ini menuturkan, bahwa kunjungan ziarah ke MBK juga sebagai rangkaian kunjungannya ke Blitar. Menurutnya, dirinya selalu menyempatkan berkunjung ke MBK setiap kali ke Blitar. Alasannya karena ini sebagai wujud terimakasih kepada pahlawan dan rasa syukur yang tidak boleh putus.

“Pejuangan rakyat Indonesia tentu ada proklamator bangsa, yakni Bung Karno. Jadi Bangsa yang besar harus bisa menghargai jasa pahlawannya. Makanya saya selalu menyempatkan berziarah kesini tiap kali berkunjung ke Blitar,” pungkasnya.

Saat ditanya program kedepannya, Khofifah menyatakan mempunyai program Nawa Bhakti Satya, yakni 9 program unggulan yang ingin dibaktikan untuk mewujudkan kemuliaan masyarakat Jawa Timur. Diantaranya Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah, dan Jatim Harmoni.

“Kalau Bahkti sejahtera berarti ada pengentasan kemiskinan. Kemudian yang kedua Jatim kerja berati disitu ada upaya membuka lapangan kerja, kemudian pengurangan pengangguran termasuk di dalamnya pendidikan advokasi untuk masyarakat yang mempunyai produk UKM,” jelasnya.

Untuk diketahui, setelah ziarah ke MBK rombongan KIP langsung bertolak ke Pesantren Bustanul Mutaalimin. Setelah itu menuju ke kampung UKM Rejowinangun Kademangan untuk melihat produksi jenang. Usai ke Rejowinangun, rombongan KIP menuju Desa Kunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, acara mancing bersama warga dan alumni pesantren Mojosari Nganjuk.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana ziarah Khofifah Indar Parawansa di Makam Bung Karno Kota Blitar.(foto : fathan)