ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sejumlah siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) Sidoarjo mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo, Kamis (24/08). Mereka langsung diajari dan diberi gambaran mengenai proses dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan di KPU Sidoarjo.

Para siswa dan siswi yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) atau Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) itu langsung diterima anggota KPU Sidoarjo di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Sidoarjo, dan diberi penjelasan oleh Komisioner KPU Devisi Hukum, Nanang Haromain. Mereka diberi penjelasan sejarah, fungsi dan manfaat Pemilu, proses Pemilu hingga materi mengenai produk-produk hasil Pemilu.

Guru PPKn SMAMITA, Edwin Yogi mengatakan tujuan membawa muridnya ke KPU adalah untuk pembelajaran dan pendidikan politik, sekaligus untuk persiapan Pilgub Jatim 2018 karena para siswa ini bakal menjadi pemilih pemula. “Kami ingin siswa-siswi tidak hanya belajar teks book saja. Artinya dari KPU mereka bisa melihat langsung sekaligus praktik. Hasil belajar dari sini akan dipraktikkan saat pemilihan Ketua IPM di sekolah,” ujarnya.

Edwin menambahkan, setelah dari KPU ia berencana akan mengajak siswa dan siswinya ke DPRD Sidoarjo dan DPRD Provinsi Jatim untuk melihat kinerja para politisi hasil Pemilu. Oleh karenanya, menurutnya pihak sekolah sudah mengupayakannya dengan mengirim surat izin kunjungan ke lembaga legislatif itu.

“Biar semakin paham siswa dengan materi pelajarannya dan siap praktik di lapangan. Karena pembelajaran ini lebih mengena dan lebih bisa diterima para siswa dan siswi,” tegasnya.

Sementara salah seorang siswi SMAMITA, Elma Maynisa mengaku sangat antusias belajar di KPU itu. Alasan siswa Kelas 12 IPA 2 ini adalah lantaran usianya sudah 17 tahun dan sudah siap menjadi pemilih pemula. “Dengan terjun langsung kami memahami seluruh tahapan dan proses pemilu hingga hasilnya yang ternyata memakan waktu cukup lama hingga terpilihnya Bupati, Gubernur, Presiden maupun terpilihnya anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Propinsi maupun anggota DPR RI,” ungkapnya.

Humas KPU Sidoarjo, Muhammad Iskak menegaskan RPP di KPU Sidoarjo sudah berdiri sejak setengah tahun terakhir. Namun dalam 3 bulan terakhir sudah sering mendapatkan kunjungan baik dari lembaga organisasi sekolah maupun masyarakat umum.

Menurutnya RPP bisa digunakan wahana belajar seluruh siswa dan masyarakat Sidoarjo yang ingin mengetahui langsung proses dan tahapan Pemilu.

“Menjelang Pilgub ini sudah ada 6 lembaga sekolah dan organisasi kemasyarakatan yang berkunjung ke RPP KPU. Semua yang datang ke RPP pasti akan kami layani. Kami juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sidoarjo dan para steakholder untuk sosialisasi Pemilu ke lembaga sekolah dan organisasi kemasyarakatan lainnya,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar: Sejumlah siswa kelas 11 dan 12 SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) ikut pendidikan politik di KPU Sidoarjo untuk memahami dan mengerti proses dan tahapan Pemilu.(foto: mus purmadani)