unnamed (1)ADAKITANEWS, Tulungagung – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulungagung menambah 6 orang calon jamaah haji (CJH). Hal ini dikarenakan Kemenag Tulungagung mendapatkan porsi yang masih kosong di wilayah Jawa Timur (Jatim).

“Baru saja kami mendapatkan informasi bahwa dari 56 cadangan yang kami ajukan, yang disetujui Kementerian Agama hanya tujuh orang. Namun yang bersedia berangkat hanya enam,” kata Suryani Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tulungagung.

Suryani menjelaskan, pemberangkatan keenam orang cadangan tersebut belum tentu berbarengan dengan rombongan asal Tulungagung. Hal tersebut dikarenakan mengisi porsi yang kosong di wilayah Jatim. “Kalau cadangan itu, ya, diambil sesuai dengan urutan bawah waktu dilakukan estimasi keberangkat tahun ini,” ujarnya.

Dengan penambahan CJH ini, dari Kabupaten Tulungagung total menjadi 936 orang yang akan dibagi dalam tiga kloter yaitu kloter 24, 25 dan 26. Suryani mengatakan, untuk kloter 26 calon jamaah haji akan dicampur dengan jamaah dari luar Kabupaten Tulungagung. “Rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 17 Agustus tahun ini,” tuturnya.

Sementara, CJH yang sudah belum tentu bisa berangkat ke tanah suci mekkah jika tidak lulus tes kesehatan. Oleh karenanya, Kemenag menghimbau agar para calon jamaah haji memperhatikan betul kesehatan fisik. “Untuk itu kami menghimbau agar kesehatan benar-benar diperhatikan,” pungkas Suryani.(Bram/Jati)

Keterangan Gambar : Ilustrasi Jamaah HajiĀ