KURIKULUM 13 3KURIKULUM 13KURIKULUM 13 2@dakitanews Tulungagung – Meskipun pemerintah sudah resmi memberhentikan kurikulum 2013 semester depan, namun beberapa SMPN di Tulungagung baru menerima buku paket 2013 untuk semester depan. Buku tersebut seharusnya sudah diterima sejak awal semester ini namun sekolah baru mendapatkannya akhir semester.

Waka Kurikulum SMPN 2 Tulungagung, Rudy Bastomi mengatakan sekolahnya baru saja mendapat kiriman buku paket 2013 sebanyak 4.867. Buku tersebut untuk kelas VII dan VIII semester depan. Tidak semua mata pelajaran yang dikirimkan, hanya beberapa mata pelajaran saja seperti matematika, IPA, pendidikan jasmani, prakarya dan Seni Budaya. “Kita diberitahu oleh Dinas Pendidikan Tulungagung untuk mengambilnya,” tuturnya.

SMPN 2 Tulungagung sendiri bukan sekolah proyek percontohan kurikulum 2013. Mereka akan kembali menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) semester depan. Karenanya, buku paket kurikulum 2013 yang baru datang tersebut tidak digunakan dalam proses belajar mengajar. “Sesuai petunjuk dinas buku tersebut akan kami simpan dan kami jadikan tambahan koleksi perpustakaan sekolah,” terang Rudy.

Terkait kesiapan sekolah untuk kembali menngunakan KTSP semester depan, Rudy mengaku pihak sekolah sudah sangat siap. Untuk buku, Perpustakaan masih menyimpan buku KTSP yang dulu digunakan. Sebagian siswa juga masih membawa buku tersebut sehingga tidak perlu khawatir untuk membeli buku baru. “Kami sudah ada dan akan dipinjamkan ke siswa,” imbuhnya.

Pemberhentian kurikulum 2013 ini juga disambut oleh siswa. Nadia Zerlinda, salah satu siswa SMPN 2 Tulungagung mengaku senang dengan diberlakukannya KTSP semester depan. Menurunya, materi KTSP lebih mudah dipahami daripada kurikulum 2013. “Kalau kurikulum 2013 sangat sulit untuk dipahami,” ujar Rudy.(Bram).