Lagu Lama, Pemkab Kediri Tidak Tahu-Menahu Soal Anggaran Pembangunan Jalan Desa Dinas PU

2016-05-30_19.17.22ADAKITANEWS, Kediri – Pejabat teras Pemerintah Kabupaten Kediri tidak tahu-menahu masalah gagalnya serapan anggaran pembangunan jalan lingkungan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Pasalnya, selama ini informasi serapan anggaran tidak pernah dilaporkan oleh dinas terkait.

“Selama ini, tidak pernah ada informasi (laporan,red) dari Dinas PU,” ungkap M Haris Setiawan, Kabag Humas Pemkab Kediri saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, Selasa (31/05).

Ia menegaskan, dalam waktu dekat Pemkab Kediri akan mengambil tindakan kepada Dinas Pekerjaan Umum yang telah gagal menyerap anggaran pembangunan jalan lingkungan sebesar Rp 32.418.418.818. M Haris Setiawan menambahkan, akan mengevaluasi kinerja pihak PU untuk menjadi bahan perbaikan. “Sebelumnya saya mau konfirmasi dulu pada dinas terkait,” terangnya.

Sementara, Antox Prapungka Jaya, Komisi C DPRD Kediri, Senin (30/05) menuturkan, sangat kecewa pada pihak PU Kabupaten Kediri yang bekerja secara asal-asalan dan tidak mampu menyerap semua anggaran untuk pembangunan daerah. Karena banyaknya Silpa, pihaknya menilai Pemkab Kediri perlu berbenah diri dan melakukan penyegaran pada para pejabat yang lemah dalam bekerja. ”Kinerja Pemkab Kediri pada tahun 2015 sangat lemah. Hal itu terbukti dari banyaknya anggaran yang tidak mampu diserap oleh masing-masing SKPD,” terang Antox Prapungka Jaya.

Ia menambahkan, penyebab lain penyerapan anggaran yang tidak maksimal dikarenakan perencanaan setiap program kerja tidaklah berjalan dengan baik. Sehingga, pada tahun 2015 terdapat Silpa sebesar Rp 510.755.439.569,61 yang terbuang sia-sia. Besarnya Silpa tersebut, seharusnya untuk pembangunan dan pendidikan masyarakat Kediri.

“Silpa terbesar sumbangan dari Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga,” jelas Antox Prapungka Jaya.

Karena penyerapan anggaran yang lemah, pembangunan jalan lingkungan di Kabupaten Kediri mengalami penurunan yang cukup drastis. Pasalnya, pihak Pekerjaan Umum tidak mampu menyerap Rp 32.418.418.818 APBD. ”Andai Dinas PU mampu menyerap semua anggaran, pembangunan jalan di Kabupaten Kediri akan lebih baik lagi,” urainya.

Sedangkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga pada tahun 2015 menyisakan Silpa sebesar Rp 50.865.355.322.(blot)

Keterangan Gambar: Data Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Kediri.(Foto: Iwan Fahmi).

Recommended For You