ADAKITANEWS, Blitar – TNI AU Lanud Abdurahman Saleh Malang, menggelar latihan operasi yang dipusatkan di Lapangan AURI, Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Kamis (23/03) siang. Dalam gelaran latihan operasi droping logistik, dipadati oleh para warga yang antusias ingin menyaksikan latihan para penjaga kedaulatan RI tersebut.

Dian, salah satu pelajar warga sekitar yang datang ke Lapangan AURI pojok ponggok mengaku sangat senang melihat aksi terjun payung yang dilakukan oleh TNI AU. “Ya senang banget, soalnya lihat tentara terjun payung itu cuma lewat TV, kalau sekarang bisa lihat langsung. Sekalian bisa foto foto mas,” katanya kepada wartawan.

Selain dapat menyaksikan langsung aksi terjun payung, para warga juga dihibur dengan atraksi pesawat tempur jenis Super Tucano buatan Brazil milik skuadron Abdurahman Saleh Malang, serta atraksi aeromodeling yang ditampilkan oleh TNI.

Sementara itu, Komandan Lanud Abdurahman Saleh Malang, Marsekal Pertama Julexi Tambayong mengatakan, latihan itu sebagai salah satu bentuk peningkatan SDM bagi para prajurit. Lapangan AURI Ponggok dipilih, karena selain sebagai aset milik TNI AU, hal itu juga sebagai salah satu bentuk pengenalan kepada warga sekitar. “Puncaknya latihan besar antar 3 matra. Ini latihan dalam bentuk kecil, juga sebagai pengenalan kepada warga sekitar tentang cinta dirgantara,” jawabnya.

Dalam latihan siang itu, lanjut Marsma Julexi, para prajurit disimulasikan untuk merebut daerah yang telah diduduki musuh, setelah sebelumnya Rabu (22/03) malam dilakukan penerjunan terlebih dulu guna memantau area musuh. “Malamnya kita sudah lakukan penerjunan, siang ini kita ibaratkan merebut area kekuasaan musuh,” ungkap dia.

Dalam latihan itu, selain menerbangkan pesawat tempur jenis Super Tucano, TNI AU Lanud Abd Saleh juga melakukan simulasi droping logistik yang dilakukan oleh 4 pesawat jenis Hercules serta diakhiri dengan kegiatan bhakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat. “Kita nggak berani menjatuhkan di lapangan logistiknya, karena masyarakat yang berkumpul banyak jadi mengurangi resiko,” tutupnya. (blt1)

Keterangan Gambar : Danlanud Abd Saleh Malan, Marsekal Pertama Julexi Tambayong. Latihan TNI AU Kala menduduki kawasan Musuh. Bhakti Sosial TNI AU, Pengobatan Gratis.