Kediri(adakitanews.com)—Para pelaku seni dan budaya Kediri mengambil bagian dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona. Mereka mengadakan aksi sosial membagi-bagikan sabun antiseptik kepada masyarakat dengan tujuan memutus mata rantai Covid-19 yang semakin meluas.

Sebanyak ada 3 ribu paket sabun anti kuman penyakit yang dibagikan kepada masyarakat. Pegiat kesenian ini menyasar warga di Desa Bogo Kidul, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Dimana, daerah ini menjadi pusat bagi Paguyuban Seni dan Tradisi Kediri berdiri, sejak satu tahun lalu.

Ketua Paguyuban Seni dan Tradisi Kediri Beni Prasetyo mengatakan, aksi sosial tersebut sebagai wujud nyata kepedulian pelaku seni terhadap persoalan bangsa Indonesia khususnya di daerah asalnya Kediri. Pihaknya mengambil irisan lain dalam rangka ‘Perang Melawan Virus Corona’ yaitu dengan membudayakan perilaku cuci tangan menggunakan sabun untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

“Kita sengaja keliling ke rumah-rumah warga karena kita memang menghindara adanya kerumunan warga atau masa,” ucap Beni Prasetyo, Minggu (5/4/2020).

Diungkapkan Beni, dalam menghadapi wabah virus Covid 19 masyarakat harus membiasakan diri untuk menjaga kebersihan agar virus tidak masuk ke badan.

Menariknya, dalam agenda bakti sosial ini, para seninam berkeliling sambil memainkan musik keroncong klasik. Mereka mendatangi satu per satu rumah warga untuk memberikan sabun antiseptik. Pelaku seniman dan seniwati itu juga mensimulasikan tata cara cuci tangan dengan sabun yang benar.

“Kita memang menampilkan hiburan musik keroncong yang tergabung dari paguyuban kami sendiri. Tujuannya supaya warga Desa Bogo Kidul dan sekitarnya merasa terhibur,” pungkas Beni. (gar).