2016-02-06_23.30.09ADAKITANEWS, Madiun – Saat libur panjang perayaan Hari Imlek, penjualan tiket kereta api (KA) jurusan Madiun-Jakarta dan Madiun-Bandung, untuk kelas ekonomi sudah habis terjual hingga Senin (8/2) nanti. Sedangkan untuk KA eksekutif kedua jurusan tersebut masih menyisakan sedikit tiket. Diperkirakan akan habis dalam 1-2 kedepan. Akibatnya, sejumlah pemakai moda KA harus balik begitu mengetahui tiket KA habis.

“Kami sering menyampaikan pembelian tiket dapat dilakukan H-90 atau 3 bulan sebelum keberangkatan. Begitu juga pembelian tiket dipermudah melalui sejumlah mini market jaringan dan lainnya. Jadi pembelian bisa dimanapun dan tidak hanya di stasiun saja,” ujar Manager Humas PT KAI Daops VII Madiun Supriyanto, Sabtu (6/2).

Menyinggung tiket KA masih tersedia, ia menyatakan data per Jum’at (5/2) lalu masih ada sisa untuk KA Eksekutif, baik jurusan Madiun-Jakarta dan Madiun-Bandung. Jika masih tersisa jumlahnya kecil atau kurang dari 10%. Bisa jadi sejumlah calon penumpang ingin membeli tiket KA promo Imlek, dibuka per Senin (8/2) mulai pukul 00.00 atau 24.00.

Padahal, tambahnya, tiket promo disediakan untuk per satu rangkaian KA sebanyak 5-10 tempat duduk, itu dapat diperebutkan melalui seluruh jaringan mini market hingga stasiun yang ada. “Jadi untuk dapat tiket promo Imlek, tergantung kecepatan pemesanan dan faktor lain. Jaminan dapat tiket promo Imlek tidak dapat dipastikan,” tandasnya.

Menurutnya untuk peningkatan keamanan selama perjalanan KA, dalam rangkaian KA terdapat aparat keamanan, disusul pemeriksaan rel KA lebih ditingkatkan seiring datangnya musim penghujan. “Pengawasan intensif dilakukan pada titik dianggap rawan banjir dan longsor. Kami sudah berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan prima bagi konsumen pemakai moda KA,” ujar Supriyanto.

Sementara itu, sejumlah calon pemakai moda KA harus balik kanan, sebab begitu tiba di reservasi tiket dan menanyakan tiket, mendapat jawaban habis. Ternyata, mereka sengaja datang ke reservasi tiket di Stasiun Besar Madiun, berharap ada tiket KA yang dibatalkan dan bisa dibelinya. Mereka juga berupaya membeli tiket melalui mini market jaringan hingga pelayanan lain, namun tidak mendapatkan tiket KA.

“Kami akan ke Bandung untuk Minggu (7/2), ternyata tiket kelas ekonomi sudah habis. Sebelumnya juga menanyakan ke salah satu mini market jaringan dapat jawaban sama yaitu habis. Kami hanya berharap ada pembatalan saja, jika ada pembatalan pembelian tiket KA, bisa langsung dibeli,” ujar Toni warga Kota Madiun.(UK)

Keterangan Gambar : Reservasi tiket di Stasiun Besar Madiun masih didatangi calon pemakai moda KA, mereka berharap bisa mendapatkan tiket  yang dibatalkan.