IMG_20150618_200938

ADAKITANEWS, Nganjuk – Surat edaran Gubernur Jawa Timur yang menginstruksikan untuk memberlakukan libur 45 hari pada masa Ramadhan bagi siswa-siswi sekolah tidak bakal berlaku di Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, Disdikpora mewajibkan penyelenggaraan Pondok Ramadhan disetiap sekolah selama musim libur puasa.

“Nanti para guru tetap masuk,” ungkap Sekretaris Disdikpora Ibnu Hajar di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Haji Ibnu sapaan akrabnya menuturkan, meskipun buku panduan belum ada pada penyelenggaraan Pondok Ramadhan pihak guru tetap bisa merekayasa kegiatan tersebut dengan memberikan materi pemahaman terkait keagamaan yang disesuaikan dengan kapasitas murid. Pihaknya akan melakukan monitoring pada setiap sekolahan jika perlu dan ada kabar terkait pelaksanaan kegiatan itu, urainya.

Kegiatan pondok romadhan tersebut tidak ditentukan waktunya oleh dinas terkait mengingat hal itu cukup dan sudah mampu dilakukan secara mandiri oleh pihak sekolah. “Mengenai waktu pelaksanaan itu kondisional mas,” terangnya.

Tidak hanya disitu, pihaknya juga berharap kepada para mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN) dari sebuah Perguruan Tinggi Kediri yang berlokasi di Kecamatan Rejoso dan tersebar di beberapa desa untuk turut andil dalam kegiatan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih sekali apabila mereka(peserta KKN..red) turut andil,” jlentrehnya.

Salah satu desa yang menjadi titik kegiatan KKN salah satu PT dari Kediri yakni Desa Kedung Padang Kecamatan Rejoso. Disini para peserta KKN telah mendapatkan izin dari Taslan, Kepala Desa setempat untuk turut andil pada kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan warga khususnya pendidikan. Perihal izin tersebut disampaikannya waktu para peserta KKN bertandang kerumah sang lurah.

“Mas,mbak semua..!! berbaurlah dengan masyarakat,” terang Rifki seorang anggota peserta KKN yang menirukan gaya penuturan sang lurah.

Penjelasan lebih lanjut dari Rifki, pada momen Pondok Ramadhan nanti peserta KKN sudah mendapatkan ijin dari pihak sekolah dasar yang ada di dekat KKN untuk membantu mengisi kegiatan tersebut.(Blot)

Keterangan Gambar : Ibnu Hajjar Sekretaris Disdikpora Nganjuk