ADAKITANEWS, Tulungagung – Okupansi, atau tingkat hunian hotel di Kabupaten Tulungagung pada liburan Natal 2017 mencapai 65 persen.

General Manager Crown Victoria Hotel Tulungagung, Sarwono mengatakan prosentase tingkat hunian yang besarnya mencapai 65 persen untuk daerah Tulungagung ini, sudah termasuk bagus. “Kalau dibanding tahun lalu, tahun ini jauh lebih baik. Mulai lebaran kondisinya cukup stabil,” kata Sarwono, Senin (25/12).

Menurut dia, tingkat hunian hotel yang mencapai 65 persen tersebut tergolong tinggi. Artinya mengalami peningkatan sebesar 17 persen dari hari-hari biasa maupun weekend yang angkanya hanya di kisaran 48 persen. “Kalau bandingkan dengan kota-kota seperti Banyuwangi atau Malang. Itu terlalu jauh,” ujarnya.

Tingkat hunian hotel yang masih di kisaran 65 persen ini, kata Sarwono, disebabkan karena Tulungagung bukan merupakan daerah tujuan wisata. Meski pada musim liburan, angka naik turunnya masih sekitar angka 65 tersebut.

“Kebanyakan tamu yang menginap karena urusan keluarga. Mereka tinggalnya di luar kota atau bahkan luar pulau Jawa yang berkunjung ke keluarga di Tulungagung dan menginap di hotel,” jelas Sarwono.

“Atau kalau hari-hari biasa, kebanyakan untuk urusan bisnis, ada juga tamu yang memiliki urusan bisnis di Blitar atau di Trenggalek, namun menginapnya di Tulungagung, karena tempatnya lebih representative. Jadi bukan semata-mata untuk tujuan wisata,” imbuhnya.

Sementara terkait kunjungan wisatawan di Tulungagung, Sarwono menambahkan kebanyakan masih didominasi dari daerah Tulungagung dan sekitarnya saja. “Rata-rata mereka (wisatawan,red) dari sekitar Tulungagung saja. Mereka datang ke tempat wisata tanpa harus menginap. Karena masih bisa dijangkau,” pungkasnya.(bac)

Keterangan gambar : Resepsionis Hotel sedang melayani calon konsumen, dan fasilitas hotel.(foto : acta cahyono)