ADAKITANEWS, Pacitan – Curah hujan tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Pacitan membuat tanh longsor dan retak di Desa Nanggungan Kecamatan Pacitan, Minggu (19/06) pagi pukul 09.00-10.00 Wib. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun sejumlah rumah diketahui mengalami kerusakan.

“Curah hujan tinggi itu membuat sejumlah rumah di Desa Nanggungan mengalami kerusakan akibat longsor dan tanah retak. Kami bersama jajaran Polri, BPBD dan masyarakat segera melakukan tindakan setelah menerima laporan kejadian itu,” jelas Komandan Kodim 0801/Pacitan, Letkol (Inf) Yudhi Diliyanto.

Rumah warga mengalami kerusakan diantaranya milik Sukadi di RT 1 RW 3 Lingkungan Gantung Desa Nanggungan Kecamatan/Kabupaten Pacitan yang teras samping rumahnya retak dan tanahnya masuk ke dalam rumah. Selain itu juga rumah milik Rukin, 50, yang berada di RT 2 RW 2 Dusun Jatirejo Desa Nanggungan. Dapur rumah rusak berat akibat tertimpa longsoran tanah, serta terjadi retakan sehingga rumahnya terpaksa tidak bisa ditinggali lantaran dianggap sangat membahayakan,

Dua rumah lain, yakni milik Sumardi dan Rukin juga rusak akibat kejadian itu. Hingga siang, aparat dibantu warga masih membersihkan sisa tanah longsor serta mencari barang yang kiranya masih bisa diselamatkan.(Uk)

Keterangan Gambar: Rusak – Longsor yang melanda Desa Nanggungan Kecamatan/Kabupaten Pacitan yang membuat tanah di sekitar lokasi retak. Sejumlah aparat bersama warga sekitar melakukan pembersihan lokasi rumah yang terkena longsor ┬ádan tanah retak.(foto: Agoes Basoeki)