ADAKITANEWS, Kota Blitar – Jumlah penumpang di Terminal Patria Kota Blitar mengalami lonjakan pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2018. Lonjakan penumpang ini diperkirakan terjadi hingga menjelang pergantian tahun mendatang.

Koordinator Terminal Patria Kota Blitar, Surojun Munir mengatakan, jumlah total penumpang di Terminal Patria mulai Minggu (24/12) malam hingga Senin (25/12) siang mencapai 5.686 orang. Rinciannya, jumlah penumpang berangkat sebanyak 2.796 orang dan jumlah penumpang datang 2.890 orang. Sementara jumlah bus yang masuk dan berangkat di terminal, sebanyak 155 unit.

“Jumlah penumpang itu naik dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Jumlah penumpang berangkat dan datang di Terminal Patria pada hari-hari normal sekitar 2.500 orang sampai 3.000 orang per hari. Kalau jumlah bus yang masuk dan keluar terminal juga lebih banyak dibandingkan hari biasa. Pada hari biasanya jumlah bus yang masuk dan keluar terminal sekitar 110 unit,” katanya, Selasa (26/12).

Surojun Munir menjelaskan, peningkatan penumpang di terminal sudah mulai terlihat sejak Jumat (22/12). Pada hari itu, jumlah penumpang datang dan berangkat di terminal hampir mencapai 4.000 orang. Puncaknya, terjadi pada Sabtu dan Minggu malam, jumlah total penumpang di atas 5.000 orang.

“Kalau dibandingkan hari biasa jumlah penumpangnya meningkat dua kali lipat,” jelas Surojun Munir.

Menurutnya, jumlah penumpang paling banyak adalah untuk bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jurusan Blitar-Surabaya dan Blitar-Malang. Sedangkan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) didominasi penumpang dari Yogyakarta dan Solo. “Perkiraan, peningkatan penumpang ini terjadi sampai 30-31 Desember 2017,” ungkapnya.

Lebih lanjut Surojun menjelaskan, selama angkutan Natal dan Tahun Baru ini, petugas terminal juga memperketat pemeriksaan bus. Secara rutin petugas memeriksa kelengkapan surat-surat dan kendaraan yang masuk di terminal.

Tak hanya itu, petugas juga mewajibkan semua bus untuk masuk ke terminal. “Tentu dengan peningkatan penumpang ini, kita sudah mempersiapkan pengamanan yang ketat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kondisi di Terminal Patria Kota Blitar.(foto : fathan)