2015-12-16_15.43.12ADAKITANEWS, Madiun – Puluhan gabungan aktivis LSM Kota Madiun menggelar aksi unjuk rasa di Alun-alun Selatan Kota Madiun, Rabu (16/12). Puluhan aktivis menuntut Mahkamah Konstitusi DPR (MKD) berikan hukuman berat bagi Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov).

Mereka yang tergabung dalam “Forum Masyarakat Peduli Madiun (FMPM)” dalam Gerakan Anti Korupsi (GAK) menggelar aksi di Alun-alun Selatan Kota Madiun. Massa juga membawa sejumlah poster berisi kecaman terhadap MKD yang dianggap masuk angin dan mendiskreditkan saksi pada kasus Setnov. Mereka membawa poster yang berisikan kecaman. “Kejaksaan Agung, Tangkap dan Adili Setya Novanto, Bersihkan Parlemen Dari Para Mafia” dan lainnya.

“Jika putusan MKD ringan atau membebaskan Setnov, anggota MKD pasti berhadapan dengan rakyat. Kesalahan Setnov sudah jelas atau terang benderang. Apa lagi yang harus diperdebatkan? Kami tunggu putusan atas Setnov hari ini, jika putusan ringan atau bebas, rakyat turunkan Setnov beserta pembelanya ,” ujar Budi Santosa dari LSM Wahana Komunikasi Rakyat (WKR).

Hal senada disampaikan Herutomo LSM Abimantrana yang menyatakan tidak perlu diperdebatkan lagi soal Setnov, pelanggaran etika sangat jelas. Jika masih ada anggota MKD mempersoalkan keabsahan saksi dan alat bukti, perlu dipertanyakan.

2015-12-16_15.43.41“MKD membela kebenaran atau kepentingan seseorang maupun kelompok. Kami ingatkan dengarkan suara mayoritas rakyat, jangan tuli,” ujarnya

Perwakilan LSM bergantian menyampaikan orasi bernada sama. Setnov harus dihukum berat dan dicopot dari Ketua dan anggota DPR RI. Usai berorasi, massa membawa sound sistem berkekuatan besar, menyuarakan hukuman berat bagi Setnov. (UK)

Keterangan Gambar : Pengunjuk rasa menendangi simbol Setya Novanto dalam aksi yang dilakukan gabungan sejumlah LSM di Alun-alun Selatan Kota Madiun.