Mainan Anak-Anak, Jadi Kepuasan Tersendiri Untuk Dijadikan Sebuah Koleksi

821

ADAKITANEWS, Jombang – Berbicara soal hobi, salah satu warga Jombang memiliki hobi yang bisa dikatakan unik. Yakni Rudi Hermawan Oktopriyono, 47, yang memiliki hobi mengumpulkan mainan anak-anak berjenis action figure untuk dikoleksinya.

=========

Pria yang akrab disapa Oppy ini mulai menyukai mainan anak-anak semenjak duduk di bangku sekolah. Hingga saat ini pun, pria kelahiran 2 Oktober 1976 ini masih sering berburu mainan action figure. Tidak tanggung-tanggung, koleksi yang ia miliki sekarang bahkan telah mencapai ribuan.

Dari ribuan koleksi yang dipajang di ruangan khusus milik Oppy, terlihat ada banyak karakter action figure yang berjejer rapi. Seperti karakter film Naruto, Dragonball, kura-kura ninja, serta masih banyak lainnya, hingga karakter pada film era 90-an juga dimilikinya.

Meski sudah tidak lagi berumur anak-anak, Oppy mengatakan bahwa hobi tersebut memiliki kepuasan tersendiri. Selain untuk mengenang masa kanak-kanak, menurut Oppy koleksinya juga memiliki nilai ekonomi bila diperjualbelikan kepada sesama kolektor toys. “Sebagian ada yang memiliki nilai jual, mulai harga ratusan rupiah hingga jutaan rupiah jika dijual kepada sesama kolektor seperti saya,” ungkapnya sambil menunjukkan sebagian koleksinya, Minggu (22/10).

Sejauh ini untuk mencari incaran mainan koleksinya, Oppy mengakui adanya kesulitan. Kesulitan tersebut menurut Oppy dikarenakan mainan yang diincarnya sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrik. Akhirnya ia mencari di pasar-pasar barang bekas atau di kalangan sesama pelaku kolektor toys. “Selama ini saya berburunya di pasar loak atau di kalangan sesama kolektor, itu pun kalau di sesama kolektor harganya mahal dan jarang yang melelang barangnya,” tuturnya.

Selain hanya untuk dikoleksi, Oppy juga kerap menjadikan beberapa koleksinya sebagai objek fotografi. Seperti contohnya karakter mainan yang sedang memegang peralatan makan, dari karakter mainan tersebut ia desain sedemikian rupa seolah-olah sedang akan menyantap makanan. Kemudian ia ambil melalui lensa kameranya, alhasil dari hasil jepretan tersebut tampak seperti sedang menyantap makanan sungguhan.

“Saya juga sering memadukan hobi koleksi action figure saya dengan hobi fotografi saya,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Rudi Hermawan Oktopriyono saat menunjukkan koleksinya.(foto:adi rosul)