ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perhubungan bakal menutup sejumlah ruas jalan di sekitar alun-alun, tepat pada malam pergantian tahun, Minggu (31/12).

Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan, sejumlah ruas jalan yang akan ditutup yakni Jalan TGP, Veteran, Dr Wahidin, Kelud, Merapi, Semeru dan Mastrip sisi barat. Sedangkan Jalan Merdeka juga rencananya akan ditutup total saat malam pergantian tahun.

“Sejumlah ruas jalan itu akan kami tutup mulai habis magrib. Masyarakat yang tidak punya kepentingan di sekitar alun-alun akan kami alihkan lewat jalur lain,” kata Priyo, Jumat (29/12).

Selain itu, petugas juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Kendaraan dari arah timur yang hendak ke Tulungagung maupun ke Kediri, begitu dari pertigaan Herlingga akan dialihkan ke selatan lewat Jalan Kalimantan, kemudian belok kanan menuju Jalan Bali terus ke barat sampai perbatasan kota.

Sebaliknya, kendaraan dari barat atau dari arah Kediri dan Tulungagung yang hendak ke Malang juga bisa melintas lewat jalur itu. Sampai di perempatan 511, kendaraan bisa lurus terus ke timur lewat Kanigoro arah ke Malang.

“Kendaraan yang mau ke Kediri juga bisa lewat jalur alternatif sebelah utara. Dari Makam Bung Karno bisa lurus terus ke utara,” ujar Priyo.

Menurutnya, Dishub akan bekerjasama dengan kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas saat perayaan malam pergantian tahun. Petugas akan berjaga di titik-titik ruas jalan yang ditutup untuk mengalihkan kendaraan. “Kita akan bekerjasama dengan instansi lain. Tapi yang pasti kita akan menerjunkan sekitar 50 personel,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan akan menerjunkan sebanyak 333 personel untuk pengamanan malam pergantian tahun. Polisi akan menyekat kendaraan di sejumlah titik agar tidak masuk di tengah kota. Khususnya masyarakat yang hendak berkonvoi naik sepeda motor menjelang malam pergantian tahun.(fat/wir)

Keterangan gambar: Priyo Suhartono, Kepala Dishub Kota Blitar saat menunjukkan gambar rute penutupan jalan.(foto : fathan)