Mas Abu Liwetan Bareng Santri

dsc_0869ADAKITANEWS, Kota Kediri – Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri ikut merasakan liwet ala santri di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri, Kamis (27/10). Liwetan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam tasyakuran Hari Santri Nasional (HSN).

Pantauan tim Adakitanews.com, Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri bersama Lilik Muhibbah Wakil Walikota Kediri menikmati makan bersama ratusan santri. Dengan makanan khas santri yakni liwet, nasi yang ditaruh di nampan bersama lauk pauknya dimakan bersama. Makanan ini merupakan khas kehidupan santri.

Tanpa canggung, Mas Abu menikmati nasi yang hanya ada lauk sambel bawang putih, telur dan terong. Suami dari Ferry Silviana Abu Bakar tampak menikmati memakan nasi liwet seperti para santri di pondok-pondok pesantren.

dsc_0895“Liwetan itu khasnya anak santri. Kalau anak santri pasti makannya, satu tempat dimakan bersama-sama,” ujar Gus Ab sapaan Ketua PCNU Kota Kediri Kh Abu Bakar Abdul Jalil dalam sambutan membuka tasyakuran HSN.

Gus Ab mengucapkam terimakasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Kota Kediri selama rangkaian HSN. Dimulai dari arak-arakan resolusi jihad tanggal 15 Oktober lalu hingga puncaknya 22 Oktober kemarin.

Sementara, Mas Abu dalam sambutannya mengajak para santri untuk menjaga keutuhan NKRI yang sudah diperjuangkan para pejuang terdahulu. “Ulama dan santri tidak bisa dilepaskan dari sejarah kemerdekaan bangsa ini. Bagaimana mereka berjuang dengan hanya menggunakan bambu runcing mengusir penjajah,” kata Mas Abu

dsc_0947Lebih lanjut, Mas Abu melihat budaya Kota Kediri yang sesungguhnya adalah budaya santri karena banyaknya pondok besar ditempat ini. Namun, budaya santri saat ini sudah mulai luntur termakan kemajuan teknologi. Oleh karenanya, Mas Abu mengajak santri-santri untuk mengembalikan kearifan lokal ini.

“Mari kita kembalikan kearifan lokal ini. Budaya santri hang harmonis, saling membantu, seperti para santri di pondok pesantren. Saling mencintai dan menyayangi. Kita harus mengembalikan budaya ini,” ajak Mas Abu kepada ratusan santri yang hadir.

Tidak hanya Walikota dan Wakilnya, dalam tasyakuran itu tampak beberapa jajaran Forkompimda, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Oing Abdul Muid juga tampak menikmati makanan khas ala santri itu.(ADV/Hms/Bib/Zay)

 

Keterangan Gambar : Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri menikmati liwetan ala santri di tasyakuran Hari Santri Nasional di kantor PCNU Kota Kediri.(Foto : Habib Nasrullah)

Recommended For You