ADAKITANEWS, Kota Madiun – Serap aspirasi masa persidangan I tahun 2017 dimanfaatkan secara maksimal oleh semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Madiun. Tak terkecuali Edang Wahyuningrum, politikus asal Partai Demokrat, yang menghadirkan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun untuk membahas terkait persoalan administrasi kependudukan.

Acara digelar di aula Kelurahan ManguharJo, Jalan Hayam Wuruk Kota Madiun, Jumat (07/04) malam. Selain pihak Dispendukcapil yang diwakili oleh Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Supriyono, kegiatan yang dilakukan politikus dari dapil 4 Manguharjo tersebut juga dihadiri oleh para pejabat Kelurahan Manguharjo termasuk Lurah, Hartanto, serta sekitar 150 orang konstituennya.

“Inti dari kegiatan ini adalah menyerap langsung kehendak ataupun usulan serta aspirasi langsung dari masyarakat, sehingga nantinya akan menjadikan masyarakat Madiun lebih maju dan sejahtera,” jelas Endang kepada Tim Adakitanews.com.

Beliau berkomitmen, di sisa akhir jabatannya ini ia akan lebih serius lagi memperhatikan program-program pemerintah demi kesejahteraan masyarakatnya.
Dalam pokok acara, Supriyono banyak menjelaskan terkait masalah administrasi kependudukan. Mulai dari akta lahir, Kartu Keluarga, KTP, Akta Perkawinan, hingga Akta Kematian. Semua hal tersebut wajib dimiliki oleh semua masyarakat, karena masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Tapi intinya adalah hal yang penting dan wajib dipunyai. “Untuk semua pengurusan dokumen-dokumen diatas tidak ada biaya, alias gratis,” jelas Supri.

Sementara itu Lurah Manguharjo, Hartanto banyak menjelaskan permasalahan bantuan pangan bagi masyarakat yang kurang beruntung. Terutama yang menyangkut BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Pasalnya, banyak yang belum paham jika hal ini adalah kewenangan dari Kementerian Sosial, sehingga pejabat daerah tidak memiliki kewenangan apapun dan hanya sebatas menyampaikan.

Dari beberapa masukan, pertanyaan, dari peserta, nantinya akan menjadi suatu catatan dibawa ke masa persidangan Anggota DPRD.(bud)

Keterangan gambar : (dari kiri) Endang Wahyuningrum, Supriyono, Hartanto. (bawah) Peserta kegiatan reses.(foto: budiyanto)