Masih Ada, Nenek Sebatangkara Tinggal Satu Atap Dengan Kambing di Nganjuk

ADAKITANEWS, Nganjuk – Sudah sejak 80 tahun lalu, sebuah rumah berukuran 5 meter x 10 meter persegi dan berdinding anyaman bambu didiami nenek Sulikah yang saat ini kondisinya semakin memprihatinkan. Nenek yang tinggal di Dusun Turi Desa Margopatut Kecamatan Sawahan, itu hidup sendiri tanpa sanak keluarga. Hal itu terlihat semakin miris lantaran kondisi rumah Sulikah sudah tidak layak dijadikan tempat tinggal. Ditambah lagi, kondisinya yang sudah mulai sakit-sakitan.

Keberadaan Sulikah mengundang keprihatinan Wakil Ketua 3 DPRD Nganjuk, Sumardi SH, bersama anggota DPRD, Raditya Harya Yuangga untuk melakukan kunjungan ke rumah nenek Sulikah.
Kedatangan para wakil rakyat tersebut disampaikan Sumardi lantaran dirinya baru mengetahui setelah mendapat informasi dari masyarakat, ada nenek yang tinggal dan tidur bersama kambing. “Saya sangat menyayangkan dan prihatin karena masih ada masyarakat kita yang terabaikan,” kata Sumardi.

Sumardi mengatakan, kondisi kesehatan di lokasi sudah tidak layak. Walaupun tempat tidur nenek tersebut tersekat, namun dalam satu atap di dalamnya ada kambing. “Apalagi dalam ruangan yang lembap tanpa ada fentilasi udara yang cukup. Saat kita masuk pertama kali yang saya rasakan aroma kotoran kambing Bagaimana dengan nenek Sulikah yang telah lama menghirup udara yang tidak sehat,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Yuangga. Kedatangan para wakil rakyat untuk melihat kondisi nyata di lapangan, bahwa masih ada masyarakat yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. “Saya melihat sendiri antara tempat tidur dan kambing berada dalam satu rumah, dan ini saya anggap pemerintah teledor,” kata Yuangga kepada Tim Adakitanews.com, Selasa (07/06).

Dengan kondisi tersebut, Yuangga berharap agar pemerintah lebih peduli. Khususnya Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan yang jangan hanya mengharapkan adanya temuan dan laporan. Melainkan harus lebih peka dengan kondisi masyarakat di lingkungan sekitarnya. “Saya menginginkan agar nenek Sulikah mendapat perhatian dari pemerintah dan mendapatkan tempat tinggal yang layak,” ujarnya.(Jati)

Keterangan gambar: Nenek Sulikah yang tinggal seatap dengan kambing kesayanganya.

Recommended For You