ADAKITANEWS, Blitar – Jumlah pondok pesantren di Kabupaten Blitar cukup banyak. Pondok pesantren pun juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Namun demikian, saat ini belum semua pondok pesantren sudah menerima bantuan tersebut.

Humas Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi mengatakan, dari sekitar 100 lebih pondok pesantren di Kabupaten Blitar, sekitar 2 persen pondok belum mendapatkan bantuan operasional pondok dari Kementerian Agama RI.

Menurutnya, pondok pesantren yang mendapat Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hanya pondok yang menyelenggarakan Madrasah Diniyah (Madin). “Selain itu pondok yang bisa memperoleh bantuan juga harus mendapat izin operasional dari Kemenag Kabupaten Blitar,” tutur Jamil (11/11).

Selain itu, lanjut Jamil, dari semua pondok pesantren tidak semua pondok masuk dalam kategori pondok pesantren skala besar. Saat ini pihaknya berupaya agar pondok pesantren yang belum mendapat bantuan segera bisa mendapatkannya.

“Kita terus berupaya agar pondok yang belum bisa menerima bantuan, segera bisa memperolehnya. Satu diantaranya dengan mengurus izin operasional pondok pesantren,” jelasnya.

Jamil menambahkan, rata-rata pondok pesantren yang belum mendapat bantuam merupakan pondok pesantren baru. “Banyak juga pondok baru, jadi pondok baru inilah yang sampai saat ini belum memerima bantuan,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Jamil Mashadi, Humas Kemenag Kab Blitar.(foto : fathan)