ADAKITANEWS, Kota Madiun – Masyarakat Kota Madiun yang belum melakukan perekaman e- KTP ternyata masih cukup banyak. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun, masih ada belasan ribuan masyarakat yang belum melakukan perekaman dengan berbagai alasan.

Kepala Dispendukcapil Kota Madiun, Nono Djatikusumo melalui Kasi Pelaporan Data, Listiyana mengatakan jika jumlah masyarakat wajib KTP di Kota Madiun adalah sebanyak 162.489. Sedangkan yang sudah melakukan perekaman adalah sebanyak 142.631, sehingga ada sisa 19.858 wajib KTP yang masih belum melakukan perekaman data.

Listiyana menambahkan, data tersebut adalah data per bulan Maret 2017, dan akan berubah di setiap bulannya. Dikatakan, dari jumlah 142.631 warga yang sudah melakukan perekaman, belum semuanya mengantongi e-KTP. “Ada sekitar 18.000 masyarakat yang hingga saat ini masih memegang Suket, alias Surat Keterangan pengganti KTP yang memiliki fungsi sama dengan e-KTP. Suket in, diterbitkan berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri No 471.13/2051/DUKCAPIL, yang diterbitkan tanggal 20 Februari 2017,” katanya.

Sementara ketika kondisi ini disampaikan kepada Kepala Dispendukcapil Kota Madiun, Nono Djatikusumo, diperoleh keterangan jika selama ini masih ada masalah pada droping blangko dari pusat yang memang belum lancar. “Terakhir kita mendapat jatah alokasi blangko kosong 4.000 buah. Itu pun belum jelas waktunya kapan bisa Kami diterima,” jelas Nono kepada Tim Adakitanews.com.

Meski ada kendala pada pengiriman blangko kosong, pihak Dispendukcapil terus mendorong masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk segera melakukan perekaman e-KTP.

Sementara untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat, Dispendukcapil dalam bulan April 2017 hingga akhir Desember 2107, setiap hari Sabtu dan Minggu akan mengoperasikan mobil pelayanan keliling Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Mobil tersebut dioperasikan secara berpindah-pindah di setiap Kelurahan, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Harapakannya dengan nobil ini dapat segera melayani dan menguranggi jumlah masyarakat yang belum sempat melakukan perekaman.(bud)

Keterangan gambar : Mobil keliling e-KTP. (atas) Kantor Dispendukcapil Kota Madiun.(foto: budiyanto)