width=

Kediri(Adakitanews.com) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daop 1 Jakarta masih memperbaiki jalur antara Kedunggedeh-Lemahabang. Pasalnya, fondasi rel rusak akibat tergerus arus air saat banjir di Jakarta dan daerah sekitarnya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, perbaikan dilakukan sejak Senin 22 Februari 2021, pagi. Bahkan, kondisi jalur dinilai tidak aman untuk dilalui KA.

Menurut Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, perjalanan KA yang melintas jalur Kedunggedeh-Lemahabang pada hari ini belum beroperasi.

“KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi,” ujar Ixfan.

Saat ini, lanjutnya, petugas berupaya semaksimal mungkin supaya jalur KA antara Kedunggedeh-Lemahabang dapat segera dioperasikan kembali.

Untuk mempercepat proses perbaikan, lanjutnya, KAI menurunkan alat berat berupa mesin Profile Ballast Regulator yang berfungsi untuk mengembalikan fondasi jalur KA seperti semula.

Akibatnya, 6 perjalanan KA keberangkatan 22 Februari 2021 yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun, dengan rute dari maupun menuju Jakarta dan sekitarnya dibatalkan.

Perjalanan KA di Daop 7 Madiun yang dibatalkan keberangkatannya dengan rincian sebagai berikut:

Dari – Pasar Senen
1. KA 254 Jayakarta rute Pasar Senen–Madiun–Kertosono–Jombang-Surabaya Gubeng, keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 04.09 WIB dengan kedatangan Selasa 23 Februari 2021.

Dari – Stasiun Gambir
1. KA 76A Bima dengan rute Gambir-Madiun–Kertosono–Jombang-Surabaya Gubeng, keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 02.15 WIB dengan kedatangan Selasa 23 Februari 2021.
2. KA 72A Gajayana dengan rute Gambir-Madiun-Kertosono-Blitar-Malang, keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 03.20 WIB, kedatangan Selasa 23 Februari 2021

Menuju – Pasar Senen
1. KA 253 Jayakarta rute Surabaya Gubeng–Jombang-Kertosono–Madiun–Pasar Senen, keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 15.30 WIB.

Menuju – Stasiun Gambir
1. KA 75A Bima rute Surabaya Gubeng–Jombang-Kertosono–Madiun-Gambir, keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 18.06 WIB.
2. KA 71A Gajayana rute Malang–Blitar-Kertosono–Madiun–Gambir, keberangkatan dari Stasiun Blitar pukul 15.57 WIB.

Pelanggan yang jadwal perjalanannya dibatalkan, kata Ixfan, Contact Center KAI121 sudah menghubungi untuk menginformasikan terkait pengembalian tiket.

KAI akan mengembalikan 100 persen uang pembelian tiket bagi pelanggan yang jadwal perjalanannya telah dibatalkan. Pembatalan dapat dilakukan di seluruh stasiun penjualan tiket KA Jarak Jauh atau Lokal hingga 30 hari setelah tanggal keberangkatan.(Oky).