IMG-20160601-WA0013ADAKITANEWS, Jombang – Satu lagi Masjid megah berdiri dibumi Kabupaten Jombang. Tepatnya di jalan raya Surabaya – Madiun, Desa Kayen Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Dalam komplek tersebut terdapat masjid mewah berarsitek Turki Istambul dengan dua menara tinggi menjulang.

Masjid itu dibangun oleh Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko diatas tanah milik Pemkab Jombang. Masjid yang mampu menampung sekitar 1500 jamaah itu berukuran 30×30 meter persegi. Sedangkan luas lahan mancapai 6.685 meter persegi. Bukan hanya itu, di komplek tersebut juga terdapat sekolah TK dan TPQ berukuran 8×24 meter persegi, serta panti asuhan. Terakhir terdapat tiga unit toko atau pusat oleh-oleh.

Jendral Moeldoko berkesempatan meresmikan langsung Masjid yang merupakan salah satu bagian dari ‘Islamic Centre Dr H Moeldoko’ di Jl Raya Kayen, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Rabu (01/06). Moeldoko menjelaskan, lokasi Islamic Centre yang didalamnya terdapat masjid mewah itu sengaja dipilih di kawasan Bandar Kedungmulyo. Pasalnya, lokasi tersebut jaraknya dekat Kecamatan, Purwoasri, Kabupaten Kediri dan juga dekat dengan Kota Jombang. Masing-masing jaraknya hanya 10 kilometer.

Kecamatan Purwoasri, Kediri dan Jombang memang memiliki sejarah tersendiri bagi mantan Panglima TNI. Pasalnya, Moeldoko dilahirkan di Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri. Sedangkan Jombang adalah tempat Moeldoko mengahabiskan masa mudanya. Dia bersekolah di SMPP Jombang (sekarang SMA Negeri 2 Jombang).

Moeldoko mengungkapkan, atas dasar itu pula dirinya ingin memberikan hal terbaik untuk masyarakat Jombang dan Kediri. Yakni dengan mendirikan komplek Islamic Centre. Dalam komplek tersebut terdapat masjid mewah berarsitek Turki Istambul dengan dua menara tinggi menjulang.

Moeldoko menegaskan, seluruh aset tersebut pengelolaannya diserahkan ke Pemkab Jombang. “Kecuali untuk panti asuhan, tetap saya tangani sendiri. Di panti asuhan tersebut terdapat 14 anak yatim. Mereka akan saya sekolahkan hingga sekolah tingkat tinggi,” ujarnya.

Namun demikian saat ditanya mengenai jumlah anggaran untuk membangun komplek Islamic Centre itu, Moeldoko enggan menjawabnya. “Karena anggaran tersebut akan saya pertanggungjawabkan kepada Allah,” ungkap Moeldoko tanpa mau menyebut nominal anggaran dan dari mana sumbernya.

Peresmian masjid itu ditandai dengan pengguntingan pita. Selain Moeldoko, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dan Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar atau Pak Halim, juga ikut serta.

“Mewakili masyarakat Jombang, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Moeldoko, karena telah membangun komplek Islamic Centre di Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Kemudian pengelolaan masjid ini akan ditangani Pemkab,” ungkap Bupati Nyono.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar : Masjid di Jl Raya Kayen, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/06/IMG-20160601-WA0013.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/06/IMG-20160601-WA0013-150x150.jpgREDAKSISeni Budayaarsitektur turki,design masjid,Islamic Center Dr H Moeldoko,Jendral Moeldoko
ADAKITANEWS, Jombang - Satu lagi Masjid megah berdiri dibumi Kabupaten Jombang. Tepatnya di jalan raya Surabaya - Madiun, Desa Kayen Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Dalam komplek tersebut terdapat masjid mewah berarsitek Turki Istambul dengan dua menara tinggi menjulang. Masjid itu dibangun oleh Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko diatas tanah milik...