ADAKITANEWS, Blitar – Memasuki triwulan keempat tahun 2017 ini, serapan anggaran di lingkup Pemkot Blitar ternyata baru mencapai 65 persen. Padahal sebelumnya, Pemkot Blitar melalui Wakil Walikota Blitar, Santoso menargetkan untuk serapan anggaran di triwulan ketiga bisa mencapai 85 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Blitar, Widodo Saptono Yohanes, yang mengakui bahwa serapan anggaran saat ini masih jauh dari target. “Saat ini memang masuk di triwulan keempat dan serapan anggaran baru 65 persen. Tentu ini jauh dari target yang diberikan,” kata Widodo, Kamis (12/10).

Widodo menjelaskan, rendahnya penyerapan anggaran yang dilakukan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Blitar terjadi lantaran proses pencairan anggaran yang dilakukan oleh pihak ketiga untuk pengerjaan proyek besar belum dilakukan. Padahal dalam mengerjakan proyek pembangunan dari pemerintah, setidaknya para kontraktor harus mengajukan pencairan minimal 30 persen dari total nilai kontrak kerja yang telah disepakati.

“Baru setelah itu, secara bertahap diajukan hingga nilai kontrak terpenuhi. Namun para kontraktor cenderung mengajukan anggaran setelah proyek selesai dikerjakan. Sehingga hal ini menjadikan proses penyerapan anggaran tak maksimal. Meski di sisi lain seluruh pengerjaan hampir selesai dikerjakan,” jelasnya.

Widodo mencontohkan, beberapa proyek yang telah dikerjakan namun belum mengajukan pencarian anggaran diantaranya proyek peningkatan Jalan Brantas. “Saya contohkan, seperti di jalan Brantas itu. Sudah dikerjakan tapi belum mengajukan pencairan anggaran,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Widodo Saptono Yohanes, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Blitar.(foto : fathan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/121017-fat-blitar-serapan-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/121017-fat-blitar-serapan-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,anggaran,Berita,blitar,pemkot blitar
ADAKITANEWS, Blitar – Memasuki triwulan keempat tahun 2017 ini, serapan anggaran di lingkup Pemkot Blitar ternyata baru mencapai 65 persen. Padahal sebelumnya, Pemkot Blitar melalui Wakil Walikota Blitar, Santoso menargetkan untuk serapan anggaran di triwulan ketiga bisa mencapai 85 persen. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah...