width=

ADAKITANEWS, Jombang – Demi menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, Komandan Korem 082 CPYJ Mojokerto, Kolonel (Kav) Gathut Setyo Utomo punya cara unik. Salah satunya saat membagi-bagikan hadiah untuk warga di Desa Pucangsimo Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang, dalam acara peresmian jembatan Sungai Konto, yang telah selesai diperbaiki oleh warga setempat.

Hadiah hiburan berupa sejumlah uang itu sengaja tidak diberikan secara cuma-cuma oleh Danrem 082/CPJY. Warga yang didominasi ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak ini terlebih dahulu diminta menjawab sejumlah pertanyaan yang ada kaitannya dengan NKRI. Diantaranya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca Pancasila.

“Meski tak seberapa, hanya sekitar Rp. 50 ribu sampai Rp 100 ribu yang kami berikan, namun saya bangga ibu-ibu dan anak-anak di Desa ini tidak lupa dengan Pancasila,” kata Gathut.

Dalam sambutannya, Kolonel (Kav) Gathut juga meminta warga untuk tetap mencintai dan menjaga keutuhan NKRI. Semua itu diawali dari desa dimana mereka tinggal dengan menjaga keamanan, kenyamanan dan kerukunan antar warga satu dengan lainnya.

Sebelumnya diketahui, jembatan sungai Konto di Desa Pucangsimo Kecamatan Bandar Kedungmulyo mengalami roboh dan putus pada bagian beton penyangganya. Tiang penyangga jembatan itu tak kuat menahan derasnya aliran air sehingga langsung putus dan membuat kondisi jembatan miring hingga 30 derajat.

Warga yang khawatir dengan kondisi jembatan langsung menutup sementara jembatan untuk kendaraan roda empat selama hampir satu bulan. Akibatnya, aktivitas warga menuju ke pasar, tempat kerja maupun sekolah menjadi terganggu. Apalagi jembatan tersebut merupakan salah satu jalur alternatif penghubung antara Kabupaten Jombang dan Nganjuk.(Tari/Jati)