ADAKITANEWS, Tulungagung – Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan membusuk di saluran air area Gudang Bulog kawasan Ngujang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, Rabu (27/12) pagi.

Melihat kondisi jenazah, diperkirakan korban telah meninggal lebih dari dua pekan. Mayat tanpa identitas tersebut pertama kali ditemukan oleh petugas kebersihan gudang. Saat ditemukan, kondisi jenazah telah membusuk dalam keadaan terlentang di dalam saluran air dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter dan lebar sekitar 40 sentimeter. Saat itu, kondisi saluran air juga masih tertutup teralis besi.

Salah seorang petugas kebersihan, Suwarni yang pertama kali menemukan korban mengaku sejak dua pekan terakhir mencium bau busuk di sekitar lokasi penemuan mayat, yang hanya berjarak sekitar 15 meter dari kantor Gudang Bulog . Dirinya menduga bau busuk tersebut berasal dari bangkai kucing atau tikus yang seringkali ditemukan di gudang.

Selama dua pekan tersebut, Suwarni berusaha mencari sumber bau namun tidak ketemu. Baru pada saat menyapu dia terkejut mendapati sesosok mayat telah membusuk di selokan dan langsung melapor ke pihak berwajib.

“Sudah dua minggu ini saya mencium bau bangkai. Saya kira bau itu berasal dari tikus atau kucing yang mati. Seperti biasanya, sekitar satu atau dua minggu, bau tersebut akan hilang sendiri, tapi ini kok nggak hilang baunya,“ kata Suwarni.

Sementara itu petugas kepolisian yang melakukan olah TKP belum berani memastikan penyebab kematian korban yang diduga berusia 50 tahun dan berjenis kelamin laki-laki tersebut. Namun petugas menduga korban masuk kedalam saluran air melalui ujung saluran di luar gudang yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi korban ditemukan.

“Saya tidak berani menduga penyebab kematian korban. Karena kondisi jenazah tinggal tulang dan sulit dikenali. Apalagi tidak ada satupun identitas tentang diri korban,” ujar Kasat Reskrim Polres Tulungagung, AKP Mustijat Priyambodo.

Lanjut AKP Mustijat Priyambodo, jenazah tanpa identitas tersebut kemudian dievakuasi ke RSUD dr Iskak Tulungagung guna keperluan autopsi untuk mengetahui penyebab pasti kematian korban.

“Kasus penemuan mayat ini tengah dalam proses penyelidikan Satreskrim Polres Tulungagung. Kita tunggu hasil autopsi dari pihak RSUD dr Iskak Tulungagung,” katanya.(bac)

Keterangan gambar : Evakuasi dan identifikasi mayat tanpa identitas di area Gudang Bulog.(foto : acta cahyono)