ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung akan melakukan verifikasi faktual status anggota partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019. Setelah dilakukan pemeriksaan administratif, KPU menemukan banyaknya anggota partai yang rangkap secara multi partai.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, tidak membantah atas temuan banyak anggota partai berstatus ganda. Artinya satu pemilik KTP el, diperebutkan oleh beberapa partai. Banyaknya keanggotaan ganda ini ditemukan setelah KPU menuntaskan proses seleksi anggota yang diunggah dari Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang menjadi basis data keanggotaan parpol.

“Setelah kami cek, banyak kenggotaan partai yang ganda, satu pemilik KTP el, tercatat lebih dari satu partai sebagai anggota. Karena itu, kami akan melakukan verifikasi faktual, kita lakukan cek ke lapangan mulai Senin (29/10),” ungkap Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Jumat (27/10).

“Dari keterangan pemilik KTP el, nanti baru bisa diketahui, mereka merupakan anggota partai apa. Itu yang akan kita akui. Atau jika dia merasa bukan sebagai anggota partai manapun, akan kita coret. Berarti dia bukan anggota parpol dan hanya asal setor data oleh parpol dalam tahapan verifikasi parpol saat ini,” kata Suprihno.

Ditanya mengenai parpol mana saja yang memiliki status ganda anggota, Suprihno mengungkapkan hampir semua parpol yang mendaftar memiliki anggota ganda. Jumlahnya pun bervariasi ada yang puluhan bahkan ratusan. Dengan dicoretnya salah satu keanggotaan, maka secara otomatis jumlah berkas Kartu Tanda Anggota partai akan berkurang.

“Setelah dilakukan verifikasi faktual, parpol masih di beri kesempatan untuk memperbaiki keanggotaan yang ganda mulai tanggal 16 November mendatang,” paparnya.

Namun parpol yang telah menyerahkan berkas keanggotaanya melebihi batas syarat minimal keanggotaan yang ditetapkan KPU sebanyak 1.000 orang, tidak diwajibkan untuk melakukan perbaikan, apabila jumlahnya tidak mengurangi batas syarat minimal.(ta1)

Keterangan gambar : Partai Berkarya, Golkar, Dan PAN, Serahkan Berkas Pendaftaran Persyaratan Peserta Pemilu 2019, Senin (16/10).(foto : kpu-tulungagungkab.go.id)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171027_195419.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171027_195419-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,kpu,parpol,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung akan melakukan verifikasi faktual status anggota partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019. Setelah dilakukan pemeriksaan administratif, KPU menemukan banyaknya anggota partai yang rangkap secara multi partai. Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, tidak membantah atas temuan banyak anggota partai berstatus ganda. Artinya satu...