width=

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Sebanyak 143 warga Kota Kediri dipastikan bakal semakin bangga atas prestasi yang selama ini diraihnya. Bagaimana tidak, sebuah medali berbalut emas murni telah disiapkan oleh Pemkot Kediri, sebagai bentuk penghargaan bagi mereka, yang telah membawa nama harum Kota Kediri.

Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana dalam acara press conference menjelang malam pengenugerahan penghargaan Satya Yasa Cundamani, di Insumo Kediri Convention Centre (IKCC), Jumat (25/08) malam nanti mengatakan, Satya Yasa Cundamani merupakan penghargaan kehormatan bagi warga berprestasi Kota Kediri.

“Dalam bahasa Sansekerta, Satya Yasa Cundamani berarti Penghargaan Kehormatan Permata Terbaik. Penilaian penghargaan ini, telah dilakukan selama dua bulan. Penghargaan ini diberikan kepada 143 warga Kota Kediri yang berprestasi dalam bidang seni, akademik, dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Apip yang saat itu mewakili Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar menjelaskan, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi kepala daerah kepada warga yang memiliki prestasi membanggakan. “Terkadang sebuah prestasi yang disandang oleh personal masyarakat terabaikan oleh mata publik. Padahal hal itu bisa dijadikan suri tauladan dan motivasi bagi orang lain,” imbuhnya.

Diketahui, Satya Yasa Cundamani dibagi menjadi dua kategori. Yakni kategori umum dan khusus. Untuk kategori umum didasarkan pada usulan KONI, sekolah, dan satuan kerja, yang diberikan kepada warga Kota Kediri yang memiliki prestasi tingkat nasional. “Sedangkan kategori khusus, didasarkan dari penilaian panitia untuk warga yang membawa nama baik Kota Kediri, menggerakkan masyarakat sekitar, dan memiliki peran besar dalam bidangnya masing-masing,” tukasnya.

Sebagai medali penghargaan, Satya Yasa Cundamani telah didesain dengan bentuk yang sangat indah, bahkan juga dibalut lapisan emas sebagai bentuk penghargaan yang tak ternilai harganya. “Jadi medalinya nanti dilapisi emas,” pungkasnya.(kur)

Keterangan gambar: Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana.(foto: kurniawan)