ADAKITANEWS, Kediri – Kawasan wisata Sumber Podang di Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri ramai dikunjungi warga, Sabtu (14/10). Mereka datang dalam rangka memeriahkan acara Sumber Podang Festival 2017, yang salah satu agendanya adalah minum seribu gelas madu serentak.

Camat Semen, Jiwo mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk terus memperkenalkan berbagai potensi di Desa Joho, khususnya di kawasan wisata Sumber Podang. “Ini merupakan terobosan dan inovasi bersama mulai dari Pemerintah Desa, Kecamatan hingga Kabupaten, karena Sumber Podang ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kediri,” katanya.

Lebih lanjut Jiwo mengatakan, acara tahunan tersebut sengaja diselenggarakan selama empat hari dan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya kirab budaya, pembagian hadiah bagi warga, serta yang paling favorit adalah meminum seribu gelas madu bersama-sama.

“Sumber Podang ini juga merupakan daerah penghasil madu di Kabupaten Kediri. Harapannya dengan adanya acara ini, semakin meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Kediri, khususnya di kawasan Sumber Podang,” tambahnya.

Ramainya suasana acara sudah tampak sejak siang hari. Di stan pembagian seribu gelas madu, sudah berjejer warga yang antre menunggu giliran. Dan ketika panitia mengumumkan saat minum madu serentak, seluruh warga bersama-sama mengangkat gelas mereka dan menikmati madu asli dari Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

Sementara itu Kepala Desa Joho, Dedy Saputra menjelaskan, selain kawasan wisata Sumber Podang, wilayahnya juga memiliki beberapa ikon wisata lain. Yakni Taman Bunga Kelir, Embung, hingga wahana wisata alam.

Terkait daerah penghasil madu, Dedy mengatakan bahwa warga Desa Joho hingga saat ini memang banyak yang menggantungkan hidupnya dengan cara beternak madu. Ada setidaknya sekitar 700 hektare lahan milik Perhutani yang dimanfaatkan oleh 22 peternak lebah di Desa Joho.

“Produksinya sendiri di sini lebah Kaliandra. Rata-rata, satu peternak bisa mendapat 6 kuintal sekali panen. Dan biasanya, dua sampai tiga minggu sudah bisa panen kalau cuaca bersahabat,” jelentrehnya.

Dedy berharap dengan adanya acara semacam ini, nantinya bisa terus menyebarluaskan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kediri, khususnya di kawasan Sumber Podang Desa Joho Kecamatan Semen.(adv/diskominfo/kur)

Keterangan gambar: (dari kanan) Kades Joho, Dedy Saputra dan Camat Semen, Jiwo saat menikmati madu bersama ribuan warga lainnya.(foto: kurniawan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/141017-kur-kediri-madu-4-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/141017-kur-kediri-madu-4-150x150.jpgREDAKSIAdvertorialadakitanews,Berita,kediri,madu,pemkab kediri,sumber podang,wisata
ADAKITANEWS, Kediri – Kawasan wisata Sumber Podang di Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri ramai dikunjungi warga, Sabtu (14/10). Mereka datang dalam rangka memeriahkan acara Sumber Podang Festival 2017, yang salah satu agendanya adalah minum seribu gelas madu serentak. Camat Semen, Jiwo mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk terus memperkenalkan berbagai...