Menikmati Keindahan Pantai Blado Trenggalek

ADAKITANEWS, Trenggalek – Bukan hal yang aneh jika pantai di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa dikenal memiliki panorama yang indah. Salah satunya Pantai Blado yang terletak di Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.

=========

Pantai ini memang tak terlalu terkenal seperti Pantai Prigi. Namun keindahannya, tak perlu diragukan. Pantai Blado berjarak sekitar 47 kilometer dari Kota Trenggalek.

Pantai berpasir cokelat ini, bisa ditempuh dari pertigaan Ngetal ke arah Gandusari, Kampak, lalu Munjungan. Jalan menuju Munjungan, pengunjung akan melewati perbukitan terjal dan berkelok, serta jalan yang menikung dan naik turun.

Saking beratnya medan ke Munjungan, bagi yang tidak pernah melintasi jalur itu agar memanfaatkan jasa sopir tempatan. Biasanya, ada sopir yang menawarkan jasanya di perempatan Kampak, dan juga sebaliknya ketika berada di Munjungan.

Di pantai ini, ada tradisi yang sama seperti di Pantai Prigi. Jika di Prigi disebut Larung Sembonyo, di pantai ini tradisi tersebut bernama labuh laut Longkangan, yang jatuh pada Jumat Kliwon, dan bertepatan dengan bulan Selo dalam penanggalan Jawa, atau Dzulqaidah dalam kalender Hijriah.

Menurut Mujito, 52, Longkangan merupakan tradisi bersyukur nelayan. “Nelayan berterima kasih dan berdoa pada Allah atas melimpahnya rezeki tangkapan ikan,” jelasnya.

Legenda rakyat mengatakan, Longkangan merupakan hari peringatan pada Roro Puthut, seorang atau sosok yang oleh sebagian masyarakat Munjungan diyakini mendapat tugas dari penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul untuk menjaga laut di kawasan Munjungan. Nelayan biasanya melepas gunungan atau nasi buceng, dan aneka uba rampe ke tengah laut.

Seperti lazimnya pantai yang terletak di pesisir selatan, ombak laut di pantai ini juga sangat tinggi, sehingga ada larangan bagi pengunjung untuk mandi di pantai. Bagi penyuka kegiatan memancing, Pantai Blado juga bisa menjadi salah satu tempat yang menyenangkan sekaligus untuk berpetualang.

Bahkan ketika ada nelayan yang menarik jaring, pengunjung bisa ikut membantu. Sementara bagi pengunjung yang doyan menikmati wisata kuliner, bisa menikmati ikan tongkol atau layur asap berkuah pedas, dengan nasi tiwul yang terbuat dari singkong.(pur)

Keterangan gambar : Pantai Blado yang terletak di Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.(ist)

Recommended For You