Menjelajah Goa Margotrisno

ADAKITANEWSP-tenggelamMARGOTRISNO 9, Nganjuk – Pesona goa Margotrisno cukup layak bagi para petualang dan pecinta alam. Keperawanan goa ini menjadi tantangan menarik untuk dijelajahi dan dinikmati.

Goa yang berlokasi dikawasan gunung Kendeng, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, sekitar 40 kilomer dari pusat kota. Dikawasan goa itu dapat ditemui kemilau mata air pegunungan Ubalan yang jernih dan segar untuk mandi. Letak Goa ditengah hutan lindung juga menambah sensasi tersendiri bagi ppengunjung.

Jika ingin menikmati keindahan Goa Margotresno, pengunjung harus menempuh dengan berjalan kaki. Hanya 20 menit pengunjung sudah berada di mulut goa dan dijamin pengunjung tidak akan bosan. karena dalam perjalanan pengunjung akan disajikan keindahan hutan lindug yang masih alami.

Setelah lelah dalam perjalanan, pengunjung akan disuguhi keindahn Margotresno yang sesungguhnya. Pesona Stalaktit dan Stalaknit begitu indah bergelantungan diatap-atap goa. Belum lagi pengunjung bisa menimati air segar yang keluar dari dinding-dinding goa.

Ada satu ruangan yang seharusnya pengunjung tidak melupakanya. Ruangan dengan ribuan kelelawar didalamnya akan membuat pengununjung kagum dibuatnya. Keadaan goa yang masih alami inilah yang membuat ribuan kelewar nyaman tinggal. Namun, jangan menyalakan lampu yang terlalu terang atau membuat beriksi, karena itu akan membuat mereka terbangun dan berterbangan seperti hendak menyerang.

Setelah menjelajah Goa Margotresno yang indahmenawan kurang afdol jika tidak mengetahui sejarah dari namanya. Dari sisi bahasa saja sudah memikat hati pasangan. Jika diartikan dalam bahasa indonesia margo=penyebab dan tresno=cinta atau penyebab cinta.

Jika dari sisi sejarah nama goa margotresno, karena warga meyakini jika ada pasangan kekasih yang datang ketempat ini makahubungannya akan langgeng. Keyakinan warga inimuncul dari kisah Raja Malwapati (daerah Ponorogo) Bernama Prabu Angling Darmo konon pernah bertapa didalam margotresno saat terjadi masalah dengan dengan permaisuriya. Sejak saat itu, Goa Margotresno menjadi tujuan bagi siapa saja yang ingin hubungannya menjadi harmonis.

Masih banyak lagi kisah lain yang menjadikan Goa Margotresno menjadi saksi. Diantaranya, pernah menjadi tempat persembunyian para prajurit Majapahit ketika diserang musuh saat terjadi pemberontakan. Demikianjuga ketika perjuangan merebut kemerdekaan, Goa ini juga dijadikan persembunyian pasukan Hisbulloh yangberperang melawan Belanda.

Begitu banyak kisah yang menyertainya sehingga membuat Goa Margotresno tidak diketahui secara pasti kapan ditemukan.(jati)

Recommended For You