Menjelang Idul Fitri, Kota Kediri Miliki 360 Janda Baru

IMG-20160609-WA0004ADAKITANEWS, Kota Kediri- Berawal dari bulan Januari hingga Mei ini, pengadilan Agama Kota Kediri yang berlokasi di Jl. Sunan Ampel No. 1 Kelurahan Ngronggo sudah memutus sebanyak 360 perkara perceraian suami istri. Katimun, wakil hakim panitera mengaku, sebanyak 204 ibu rumah tangga berani gugat cerai  suaminya.

Data yang diterima adakitanews.com, pada bulan Januari 2016, sebanyak 91 pasangan suami istri bercerai di meja Pengadilan Agama. Pada bulan selanjutnya yakni, Februari, 51, Maret 74, April, 68, dan Mei, 76 dengan total keseluruhan sebanyak 360 pasangan suami istri dari Kota Kediri telah resmi bercerai.

“Miris sekali, sebanyak 360 ibu rumah tangga menjanda pada momen idul fitri kali ini,”jelas Katimun.

Menurutnya, pihak perempuan sebanyak 204 telah melakukan cerai gugat pada pihak suami. Sedangkan cerai talak, hanya dilakukan oleh 73 suami.”Cerai gugat angkanya lebih tinggi dari cerai talak,”tegasnya.

Diakuinya, bermacam penjelasan dan masukan sudah dilakukan pada suami istri yang mengajukan perceraian oleh pihak Pengadilan Agama. Namun, kedua pihak antara suami istri tersebut tidak ada yang mau mengalah dan tetap bersikukuh ingin bercerai.

“Semoga ada perhatian khusus lah dari pemerintah tentang fenomena perceraian ini,”urainya.

Untuk diketahui, rata-rata penyebab perceraian di tahun 2016 ini adalah; melunturnya keharmonisan, perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga(KDRT), faktor ekonomi, dan masalah ranjang.(blot)

Keterangan Gambar: Data perceraian dari bulan Januari hingga Mei di Pengadilan Agama Kota Kediri.(Foto: Iwan Fahmi)

Recommended For You