ADAKITANEWS, Kediri – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa hadir di Taman Ngadiluwih dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Senin (18/12). Dalam acara tersebut, Mensos juga meresmikan patung Mayjen TNI Prof DR Moestopo bersama dengan Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno.

Melalui momen tersebut, Khofifah mengucapkan terima kasih kepada Universitas Mayjen TNI Prof DR Moestopo yang telah memberi hibah berupa patung Prof DR Moestopo kepada Pemerintah Kabupaten Kediri. “Ini menjadi momentum penting karena bersamaan dengan HKSN,” ucapnya.

Khofifah menyebut bahwa HKSN sangat penting karena syarat akan nilai patriotisme dan nilai kesetiakawanan sosial. “HKSN ini secara historis sesungguhnya penuh akan sejarah patriotik, sejarah yang heroik, dan juga penuh keteladanan,” ujarnya.

Mensos menceritakan, inti dari kesetiakawanan sosial di Indonesia sudah terlihat sejak zaman perjuangan. Salah satunya tercermin dalam perang gerilya yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman. “Saat perang dahulu, Jenderal Sudirman senantiasa disupport dari masyarakat yang luar biasa. Masyarakat memberikan tempat bagi Jenderal Sudirman, lalu memberikan makanan dan perlindungan. Itulah yang akhirnya menjadi sejarah diperingatinya Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional,” imbuhnya.

Di tempat yang sama Bupati Kediri, Hj Hariyanti Sutrisno mengatakan, Kediri patut berbangga karena di wilayahnya telah lahir salah satu tokoh pahlawan nasional yaitu Mayjen TNI Prof DR Moestopo. “Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Kediri. Karena salah satu putra daerah menjadi pahlawan nasional,” terangnya.

Bupati mengatakan, rasa kesetiakawanan sosial hingga kini masih terjaga cukup baik, khususnya di Kabupaten Kediri. Hal itu, terlihat dari masih adanya relawan-relawan yang bersedia sepenuh hati memperhatikan sesama, tanpa mengharapkan imbalan apapun. “Sebagai contohnya, Tagana (Taruna Siaga Bencana), PKH (Program Keluarga Harapan), Pekerja Sosial, Lembaga Kesejahteraan Anak, dan relawan-relawan pemerhati lingkungan yang melakukan penghijauan tanpa mendapat bayaran apapun,” imbuhnya.

Bupati juga berharap dengan adanya perayaan HKSN di Kediri, akan tumbuh lebih banyak lagi orang-orang yang perduli dengan sesama, dan bahkan kepada alam di sekitarnya.(kdr1)

Keterangan gambar: Bupati Kediri, Hariyanti Sutrisno saat menyambut kedatangan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.(foto:muchlis ubaidhillah)