AdaKitaNews Daerah Meski Stok Melimpah, Harga Hewan Ternak Kurban Tetap Tinggi

Meski Stok Melimpah, Harga Hewan Ternak Kurban Tetap Tinggi

ADAKITANEWS2015-07-11_11.22.36, Kediri – Harga hewan ternak kurban di Kabupaten Kediri tetap tinggi. Meski, Dinas peternakan (Disnak) Kabupaten Kediri menyatakan stok hewan ternak kurban melimpah.

Harga hewan kurban jenis sapi, berkisar anatara Rp. 20 juta hingga Rp. 60 juta. Para pedagang mengaku, tingginya harga hewan ternak kurban akibat permintaan yang sangat tinggi. “Kalau dibanding tahun kemarin, permintaan hewan kurban, terutama sapi, sangat tinggi. Makanya harganya semakin tinggi,” ungkap Nuryatin, salah seorang pedagang sapi asal Plosoklaten. Jumat, (18/09).

Nuryatin mengatakan, harga ternak itu diperkirakan akan semakin naik, saat hari raya idul adha semakin dekat. “Biasanya semakin dekat dengan idul adha, semakin banyak permintaan, makanya harganya semakin naik,” lanjutnya.

Hal senada diungkapkan Suaharto, salah seorang peternak sapi, mengaku banyak pedagang yang mencari hewan kurban. “Hampir setiap hari ada pedagang yang datang ke kandang saya. Saat ini saya masih punya 2 sapi yang siap untuk hewan sesembelihan kurban. Ini sudah ditawar Rp. 30 juta satu ekor,” ujarnya.

Sebagaimana di ketahui, pasokan hewan kurban untuk perayaan Hari Raya Idhul Adha di Kabupaten Kediri relatif aman. Pasalnya, dari data Dinas Peternakan, pasokan hewan kurban ditingkat pengepul sudah berlebih.

Dari data tersebut jumlah populasi sapi siap potong sebanyak 9.898 ekor, kambing atau domba 26 ribu dan ayam 2 juta 500 ekor. Jumlah itu melebihi jumlah hewan kurban pada tahun 2014. Pada Hari Raya Idul Adha 2014, jumlah ternak yang dipotong mencapai 1.783 ekor sapi, dan untuk kambing mencapai 13.531 ekor. (Blot/zay).