Minamata, sebuah kisah perjalanan Wartawan Foto


Minamata adalah sebuah film drama tahun 2020 garapan Andrew Levitas, berdasarkan buku karya W. Eugene Smith dan istrinya Aileen Miko Smith, yang membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk tinggal dan memotret Minamata. Walaupun niat awal mereka hanya tinggal selama tiga minggu.

Minamata berlatar belakang kisah seorang Eugene Smith (Johnny Depp) yang hidup menyendiri setelah kejadian di Perang Dunia ke-2. Namun seorang teman lamanya dan komisaris dari editor Life Magazine yang bernama Ralph Graves mencoba untuk meminta Smith untuk pergi ke negara Jepang. Perjalanan tersebut dilakukan bertujuan untuk menyingkap sebuah misteri besar yaitu kehancuran komunitas pesisir lewat keracunan merkuri terhadap warga Minamata, Kumamoto, Jepang.

Film ini menampilkan keinginannya untuk menjadi film penting di hampir setiap frame. Ini mencoba menjadi studi karakter, komentar tentang kekuatan foto jurnalistik, dan studi tentang bagaimana margin keuntungan yang besar dari perusahaan besar dapat menarik mereka yang tidak memiliki barometer moral.


Foto Tomoko di bak mandinya merupakan salah satu foto terpenting dalam sejarah foto jurnalistik hasil jepretan W. Euegen Smith. Life Magazine menerbitkan edisi mingguan terakhirnya pada 29 Desember 1972.

Eugene dan Aileen menikah pada 28 Agustus 1971 di Jepang. Wafat pada 15 Oktober 1978 akibat dampak langsung dari cedera yang dia alami di pabrik Chisso Coorporation.

Foto-foto Minamata adalah jepretan terakhir yang dia ambil. Alieen tetap terlibat dengan komunitas Minamata, dan tetap berjuang melawan pencemaran lingkungan hingga saat ini. (Adakitanews/FL)

Recommended For You