Minat Masyarakat Ikut Haji Plus Tetap Tinggi

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dipengaruhi waktu tunggu yang tidak terlalu lama, minat masyarakat di Jawa Timur untuk menunaikan ibadah haji dengan menggunakan fasilitas Haji Plus tahun 2017 ini ternyata masih cukup tinggi.

Kondisi ini tampak dari banyaknya Calon Jemaah Haji (CJH) ONH Plus yang berangkat melalui Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Sabtu (26/08) siang. Tercatat, ada sekitar 350 Jemaah Haji Plus yang berangkat langsung ke Jedah, dengan penerbangan yang disewa khusus oleh pihak penyelenggara.

Meski membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal, namun karena keinginan beribadah yang tinggi membuat masyarakat tetap menggunakan Haji Plus.

Dari ratusan CJH Plus yang berangkat melalui Bandara Internasional Juanda Sidoarjo ini, rata-rata mereka mengeluarkan biaya haji berkisar antara Rp 120 juta hingga Rp 160 juta per orang. Hal itu jauh berbeda dengan Ongkos Naik Haji Reguler yang hanya sekitar Rp 30 juta – Rp 40 juta per orang.

Dibanding Haji Reguler, Haji Plus ini memang memiliki berbagai kelebihan. Selain berangkat langsung ke bandara tanpa harus masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya, fasilitas yang didapat Haji Plus ini memang juga cukup berbeda. Namun, faktor yang paling berpengaruh terhadap tingginya jumlah CJH Plus ini, adalah waktu tunggu yang relatif lebih cepat dibanding Haji Reguler.

Untuk bisa menunaikan ibadah Haji Plus ini, calon jemaah hanya membutuhkan waktu tunggu paling lama 4 tahun, dan dipastikan akan berangkat.

Devi salah satu CJH Plus dari Malang mengaku sengaja berangkat haji dengan fasilitas Haji Plus karena lebih cepat waktu tunggunya, dan demi kebaikan karena selama menunaikan haji bisa tetap berkumpul bersama keluarga dan berada dalam satu kamar hotel.

Hal serupa juga diakui oleh Hanafi, salah satu CJH Plus asal Surabaya yang mengaku sengaja lebih memilih haji plus karena waktu tunggunya yang hanya 4 tahun.

“Kalau haji reguler butuh waktu sekitar 7 tahun. Namun saya dapat waktu tunggu hanya 4 tahun melalui fasilitas ONH Plus inj,” ujarnya.

Pembimbing Haji Plus Ebad Wisata, H Abdul Malik menegaskan, minat masyarakat Jatim untuk menunaikan ibadah haji dengan fasilitas Haji Plus masih cukup tinggi setiap tahunnya. Kondisi ini dipengaruhi oleh pemberian fasilitas dan kenyamanan yang lebih dari pihak penyelenggara ke jemaah haji selama menunaikan ibadah haji di Makkah dan Madinah.(*/kur)

Keterangan gambar: Para CJH ONH Plus saat acara pelepasan sebelum diberangkatkan ke Makkah.(ist)

Recommended For You