width=

ADAKITANEWS, Blitar – Setelah mendapat sosialisasi tentang program Kartu Identitas Anak (KIA) dari Pemerintah Pusat, kini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar siap mencetak sekitar 36 ribu lembar KIA.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengatakan, jumlah itu merupakan data yang diperoleh dari PAUD dan bidan di posyandu yang tersebar di Kabupaten Blitar. Menurutnya, pencetakan kali ini masih difokuskan pada anak usia 0 – 6 tahun.

“Kita dapat jatah dari Pemerintah Pusat sebanyak 40 ribu. Tapi sesuai data yang sudah masuk kita akan cetak sekitar 36 ribu KIA. Jadi data itu sudah dikoordinir oleh Dinas Pendidikan setelah dikumpulkan dari PAUD dan Posyandu,” katanya, Senin (21/08).

Lebih lanjut Eko menjelaskan, pencetakan ini akan dilakukan pada akhir bulan ini atau pada minggu depan. Karena saat ini pihaknya sedang mempersiapkan tempat tersendiri, serta menata peralatan supaya tidak campur dengan pelayanan masyarakat yang sudah dewasa.

“Untuk usia sampai 6 tahun ini tidak pakai foto. Tapi nanti baru anak SD akan dikasih foto. Masalah teknis dalam foto, kita akan pikirkan, bisa jemput bola di sekolah atau kita minta ke kantor,” jelas Eko.

Untuk sisa dari jumlah 40 ribu yang ada saat ini, nantinya akan digunakan ke tahapan berikutnya untuk diberi penambahan kartu lagi. Tambahan itu rencananya akan dimasukkan ke dalam APBD tahun 2018.

“Program ini kan tidak bisa langsung tuntas tahun ini. Tentu akan berlanjut ke tahun berikutnya,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Eko Budi Winarso, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar.(foto : fathan)