Minimalisir Angka Kecelakaan, Pengemudi Angkutan Lebaran di Jombang Dites Urine

ADAKITANEWS, Jombang – Memasuki mudik lebaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang melakukan tes urine kepada seluruh pengemudi bus jarak jauh angkutan lebaran di Terminal Kepuhsari Jombang. Tes urine mendadak itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kesalahan awak bus ditengah-tengah padatnya arus kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Jombang, Imam Sudjianto mengatakan, program tes urine ini dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan obat-obatan berbahaya maupan narkoba oleh kru armada. Sebab penggunaan obat terlarang itu berpotensi besar menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sementara, meski tidak ada hasil positif terkait penggunaan narkoba maupun obat berbaya lainya, petugas dari Dinas Kesehatan mendapati sejumlah sopir bus yang memiliki tensi darah yang cenderung tinggi.

“Hari ini tadi yang terakhir, terjaring sekitar 52 orang awak armada yakni sopir. Mereka (sopir,red) sehat. Memang ada darah tinggi, tetapi kajian atau hasil dari Dinas Kesehatan masih ditoleransi untuk melakukan perjalanan,” kata Imam, Kamis (30/06).

Selain tes urine, petugas dari Dinas Kesehatan Pemkab Jombang juga melakukan tes tekanan darah dan pemeriksaan kesehatan  lainya. Tidak hanya itu, seluruh kru bus juga diberi sejumlah obat-obatan dan vitamin oleh petugas.

Imam Sudjianto menjelaskan, tes akan terus dilakukan hingga mencakup lebih banyak pengemudi bus dengan rute jarak jauh. Sebab, pengemudi jenis kendaraan besar, seperti bus cenderung ugal-ugalan di jalan raya dan membahayakan penumpang serta pengguna jalan lainnya.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Petugas melakukan tes urine dan tes kesehatan terhadap awak angkutan lebaran di Terminal Kepuhsari, Jombang.

Recommended For You