KEBAKARAN JAKER 4KEBAKARAN JAKER 2KEBAKARAN JAKER 1@dakitanews Nganjuk – Gara-gara mobil pemadam kebakaran (PMK) milik PU Ciptakarya mogok, kebakaran yang terjadi di PT. Jaya Kertas (Jaker) Kertosono, pada selasa (23/12) sekira pukul 14.50 WIB. terlambat di padamkan. Beruntung PMK PT. Jaker sendisi mampu mwngatasi kobaran api, meski harus bekerja ekstra.

Mobil PMK milik DPU Ciptakarya dan Tata Ruang (Cikatarung) Daerah Kabupaten Nganjuk ini, baru datang ke lokasi setela pihak pabrik. Praktis, mobil kloneng plat merah ini hanya diparkir diluar pintu gerbang pabrik tanpa aksi dan reaksi.

Dikonfirmasi @dakitanews.com, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Nganjuk, Setyono Dwi harto melalui Fendika salahsatu Petugas PMK menerangkan, Kebakaran sudah bisa dipadamkan oleh pihak pabrik sendiri.”Mengingat di daerah kertosono ini juga sudah ada auto safety-nya,”terang Fandika.

Ditambahkan, Kami datang hanya membantu penanganan tenaganya. keterlambatan mobil Pemadam kebakaran (Damkar) bukan disebabkan jalanan macet, akan tetapi mobil Damkar mengalami gangguan pada mesinnya.”Mobil Damkar hanya ada 2 unit, kendaraan yang satu produk tahun 1986 sudah rusak dan yang satunya ini produk tahun 1997 juga sering macet,”imbuhnya.

Kondisi kendaraan sudah tidak layak pakai lagi namun tetap saja difungsikan. Hal ini jelas menghambat kinerja para petugas PMK dilapangan dan perlu ada peremajaan armada dengan secepatnya.

Sejak tahun 2009 yang lalu sudah Diajukan kendaraan baru, akan tetapi hingga kini belum ada realisasi, sehingga hanya service terhadap kendaraan lama saja yang dapat dilakukan.”Kalo tenaga mungkin kita banyak dan terbantu oleh warga. Akan tetapi bagi kami, Mobil Damkar ini adalah senjata kita untuk memadamkan api, kalo senjata kita sering macet ya bagaimana lagi,”imbuh Fandi.

Diketahui,  Selasa (23/12) sore sekira pukul 14,30 WIB, Area power plant,  Pabrik kertas PT Jaker Kertosono mengalami Kebakaran pada batu bara hingga menyulut ke boiller yang banyak bergelantung kabel listrik. Karena kawatir merembet ke area lain,  pihak maagement menghubungi Mobil PMK.

Mungkin karena ditunggu terlalu lama tidak kunjung datang, maka pihak pabrik  PT Jaker berinisiatif melakukan pemadaman api sendiri. Dan usaha pihak pabrik tidak sia-sia, terbukti kobaran api berhasil dipadamkan sebelum bantuan Mobil PMK datang ke lokasi.

Humas PT Jaker, Moch.Aman mengatakan, pihaknya memang menghubungi mobil PMK untuk memadamkan Api, ini dilakukan untuk antisipasi kobaran Api tidak merembet ketempat lain akan tetapi mobil PMK tak kunjung datang, ketika di tanya kok telat petugas PMK mengatakan ada kerusakan pada mobil damkar sehingga terjadi keterlambatan hingga dua jam.”Beruntung kebakaran bisa kami atasi,”Gerutu Aman. (Kmto/Jati).