ADAKITANEWS, Jombang – Pengawasan terhadap ajang Pemilihan Kepala Daerah 2018 menjadi perhatian khusus bagi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Terlebih lagi pengawasan soal politik uang dan isu SARA yang sering menjadi potensi kerawanan Pilkada.

Kali ini Anggota DPD RI melakukan kunjungan ke Kabupaten Jombang dalam rangka pemantauan persiapan Pilkada. Saat ditemui Tim Adakitanews.com di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Jombang, Anggota DPD RI, Drs H A Budiono menyampaikan bahwa ada beberapa poin yang menjadi perhatian DPD RI dalam mengawasi jalannya Pilkada di Kabupaten Jombang.

Salah satu yang menjadi perhatian DPD RI yakni politik uang dan isu SARA. Menurut Budiono bahwa hal tersebut masih memiliki angka besar dalam kerawanan Pilkada di setiap daerah. “Ya memang itu (politik uang, red) di Indonesia angkanya masih cukup besar, harus kita lawan,” tegas anggota DPD RI saat diwawancarai, Rabu (21/02).

Menyikapi adanya potensi pelanggaran politik uang dan kriminalisasi isu SARA, Budiono mengimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut serta mengawasi dan antisipasi adanya potensi pelanggaran tersebut. Selain itu, ia juga mengaku sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait potensi dan dampak dari politik uang dan isu SARA.

“Panwaslu bersama-sama dengan Gakkumdu juga sudah melakukan sosialisasi. Untuk money politik memang semua pihak harus bertanggung jawab,” imbuhnya.

Sementara, Komisioner Panwaslu Kabupaten Jombang, David Budianto menjelaskan bahwa kunjungan DPD RI ke kantornya tersebut dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan terkait kesiapan Panwaslu dalam pemilihan Bupati dan Gubernur di Kabupaten Jombang.

“Tadi yang ditanyakan oleh DPD RI terkait kerja panwaslu dalam tahapan pencalonan, seperti coklit dan kampanye serta apa yang dilakukan Panwaslu dalam antisipasi kerawanan dalam Pilkada ini. Termasuk juga bagaimana antisipasi terkait money politik,” ujar David Budianto saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com.(ar)

Keterangan gambar: Anggota DPD RI, Drs H A Budiono saat melakukan pertemuan dengan Komisioner Panwaslu Kabupaten Jombang.(foto:adi rosul)