MoU Pemkab Sidoarjo dengan Kejaksaan, Bupati: Agar Semua Tahu Hukum

IMG-20160429-WA0003ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pemkab Sidoarjo membuat kesepakatan bersama atau MoU (Memorandum of Understanding) dengan Kejaksaan Negeri Sidoarjo dalam rangka pendampingan hukum perdata dan tata usaha negara, Jumat (29/04). Dengan adanya MoU tersebut, diharapkan seluruh jajaran Pemkab Sidoarjo, mulai dari Kepala Desa hingga Bupati tahu tentang hukum sehingga tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran.

Di depan awak media, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengaku sangat mengapresiasi MoU tersebut. Kejaksaan sudah bersedia memberikan pendampingan kepada seluruh jajarannya dalam menyelenggarakan kegiatan pemerintahan. Diharapkan pendampingan itu nantinya dapat meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan yang bisa mengakibatkan kerugian negara, bahkan menjerat aparat pemerintahan dengan hukum.

“Seluruh jajaran saya, mulai dari Kepala Desa sampai Bupati harus tahu hukum. Kalau tidak tahu harus tanya kepada yang tahu hukum, yaitu kejaksaan,” ujar Saiful Ilah usai acara penandatanganan MoU di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, M Sunarto mengatakan pihaknya selaku pengacara negara siap melakukan pendampingan hukum. Tidak hanya itu, dalam seluruh aktivitas pemerintahan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanannya Kejari juga siap untuk mendampingi. “Misalnya ada proyek di salah satu dinas. Kita siap melakukan pendampingan. Setiap langkah kita buatkan produk hukumnya. Apakah sudah sesuai prosedur atau tidak,” ujarnya.

Namun, meski telah dilakukan pendampingan, Kejari tetap akan melakukan tindakan hukum apabila terjadi unsur kesengajaan dalam hal pelanggaran. “Tapi, kalau sudah kita dampingi dan tetap berbuat kesalahan, kita tetap akan lakukan tindakan hukum,” imbuhnya.

Diakhir wawancara, Kajari berharap seluruh aparatur pemerintahan nantinya mengerti hukum, tidak terjerat kasus hukum, sehingga bisa bekerja dengan baik. “Harapannya dengan kita dampingi, mereka mengerti hukum, tidak terjerat hukum, dan bisa bekerja sebaik-baiknya,” tutupnya.(kur)

 

Keterangan gambar: Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, M Sunarto (kiri) bersama Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.(foto: kurniawan)

Recommended For You