ADAKITANEWS, Blitar – Siapa yang tak kenal dengan Mukidi. Sebuah nama yang mendadak viral di dunia maya alias media sosial beberapa waktu lalu. Kali ini, demi memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Mukidi ikut ambil bagian yang penting untuk mengikuti lomba Desa, tepatnya di Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Bukan sebagai tokoh, tetapi nama Mukidi dijadikan warga Dusun/ Desa Minggirsari untuk nama sebuah gang kecil sederhana yang disulap menjadi gang yang indah.

Kabianto, 43, salah satu warga RT 2/RW 1 sebagai penggagas gang Mukidi mengaku, awalnya sempat bingung saat menerima perintah dari Ketua RT untuk mempercantik wilayahnya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Setelah dipikir dan atas persetujuan semua warga, muncul nama yang sebelumnya sempat terkenal, yakni Mukidi. Akhirnya, disepakatilah nama gang di lingkup RT mereka yakni “Gang Mukidi”.

“Gang mukidi ini panjangnya sekitar 100 meter. Kita percantik untuk mengikuti lomba Desa dalam memeriahkan HUT RI,” katanya, Jumat (18/08).

Lebih lanjut Kabianto menjelaskan, proses mempercantik gang Mukidi ini memakan waktu selama 2 hari. Menurutnya, kekompakan semua wargalah yang menjadi kunci singkatnya waktu untuk mempercantik gang tersebut.

“Semua warga ikut gotong royong. Tidak hanya berupa tenaga, melainkan juga materi dalam bentuk uang maupun bahan-bahannya. Kita jadikan gang ini serba merah putih,” jelasnya.

Sementara itu, Setiyono, 57, Ketua RT 2/RW 1 Dukuh/Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar mengatakan, bahwa warga di sini merasa senang dan mendukung pendanaan untuk mempercantik serta mewujudkan gang Mukidi ini.

Menurutnya, lomba desa ini sudah memasuki tahun ketiga. Tahun pertama mendapat juara harapan 1, tahun kedua juara 3, dan tahun ketiga ini berharap bisa menjadi juara 1.

“Tahun lalu hadiahnya juara 1 Rp 3 juta. Kita optimis kali ini bisa meraih juara 1,” paparnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana gang Mukidi saat malam hari dan siang.(foto : fathan)