ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pasangan calon yang bakal melawan petahana dalam Pemilihan Walikota Kediri 2018 akhirnya muncul di hari terakhir pendaftaran, Rabu (10/01).

Pasangan Aizzudin Abdurrahman dan Sujono Teguh Wijaya yang diusung oleh Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Gerindra tersebut, datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas pendaftaran sekitar 1 jam, Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq akhirnya memberikan berkas tanda terima kepada pasangan calon, sekaligus surat pengantar untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya pada Kamis (11/01) besok.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq menegaskan bahwa dari hasil pemeriksaan berkas pendaftaran, pasangan Aizzudin Abdurrahman – Sujono Teguh Wijaya dinyatakan lengkap. Salah satunya dengan jumlah minimal dukungan dari partai politik. “Total dukungannya adalah 12 kursi. Dan minimalnya adalah 6 kursi. Jadi sudah sangat melampaui jumlah minimal untuk pendaftaran calon,” katanya.

Sementara itu Gus Aiz, sapaan akrab Aizzudin Abdurrahman mengatakan, kemunculan dirinya di saat-saat terakhir merupakan hasil dari dinamika politik yang terjadi di Kota Kediri. “Memang awalnya bukan nama saya yang muncul. Namun setelah melewati berbagai dinamika politik yang berubah secara drastis, akhirnya saya yang diperintahkan,” ujarnya.

Gus Aiz juga mengaku, meski baru muncul di hari terakhir pendaftaran, ia tetap optimis memenangkan Pilkada 2018. “Vini-vidi-vici, kami datang, kami melihat, dan kami menang,” kata Gus Aiz menirukan pepatah Yunani di depan para pendukungnya.

Untuk diketahui, selain pasangan Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah dan Aizzudin Abdurrahman – Sujono Teguh Wijaya, rencananya masih ada 1 bakal calon lagi yang akan mendaftar ke kantor KPU Kota Kediri. Pasangan tersebut yakni mantan Walikota Kediri, Samsul Ashar – Teguh Juniadi yang dikabarkan telah diusulkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hanura.(kur)

Keterangan gambar: Aizzudin Abdurrahman dan Sujono Teguh Wijaya saat mendaftarkan diri ke KPU Kota Kediri.(foto: kurniawan)