Musim Penghujan, RSUD Nganjuk Kebanjiran Pasien Diare dan Gatal

1120

ADAKITANEWSOVERLOAD RSUD 3OVERLOAD RSUD 2OVERLOAD RSUD 7OVERLOAD RSUD 4, Nganjuk – Musim penghujan, membuat  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk kebanjiran pasien diare dan gatal-gatal. Saking banyaknya, pasien yang mengidap penyakit ini, membuat pihak rumah sakit kewalahan.

Bukan hanya itu, ruang untuk perawatan pasien ini pun juga tidak cukup menampung banyaknya pasen. Akibatnya, banyak basien yang terpaksa dirawat di lorong rumah sakit.

Humas RSUD Nganjuk, Eko Santoso mengungkapkan, lonjakan pasien diare dan gatal terjadi sejak sebulan terakhir. Jumlah pasien ini satiap hari bertambah hingga membuat ruang perawatan pasien sudah bisa menampung.

Eko mengatakan, Jumlah tempat tidur di rumah sakit ini mencapai 309 kamar tidur yang terbagi dalam kelas VIP, kelas 1,2, dan kelas 3. Namun dalam sebulan terakhpihaknya terpaksa menerima sekitar 360 pasiein rawat inap.

“Jumlah pasien meningkat tajam, hingga melebihi kapasitas. Beberapa pasien terpaksa menggunakan tempat tidur tambahan, dan di tempatkan di lorong-lorong rumah sakit. Hal itu dilakukan karena pihak rumah sakit pantang untuk menolak pasien yang berobat meskipun kondisinya telah penuh,” jelas Eko.

Eko menambahkan, pihaknya sudah mengajukan penambahan gedung agar dapat menampung pasien lebih banyak. Namun hingga kini belum bisa terlaksana karena masih dalam tahap pengajuan ke pihak terkait.
.
Sementara, salah satu orang tua pasien mengaku terpaksa menempati kamar tidur tambahan di lorong rumah sakit karena tidak ada pilihan lain, karena kamar yang ada sudah penuh. “Meski terasa tidak nyaman, ya tetap bersyukur karena anak saya masih bisa di obati,” ujar Sumariyati, Ibu pasiyen yang dirawat di lorong RSUD Nganjuk.(Jati)