20160705_195356ADAKITANEWS, Ngawi – Tepat pada Rabu 6 Juli besuk seluruh umat Islam akan merayakan hari kemenangan mereka setelah satu bulan penuh menahan nafsu lapar dan haus. Mengumandangkan takbir menjadi budaya yang terus dilantunkan pada malam menjelang hari kemenangan itu.

Seperti halnya di Dusun Slumbung Desa Padas Kabupaten Ngawi, Selasa (05/06) malam. Hampir 100% masyarakatnya beraga Islam memenuhi setiap mushola-mushola dan tentu saja Masjid di Dusun itu untuk mengumandangkan takbir kepada Sang Pencipta.

“Inilah hari kemenangan. Banyak cara yang dilakukan untuk menyambut hari kemenangan itu,” ungkap Shohib tokoh agama Desa setempat.

Ia menganggap ekpresi kebahagian itu dilakukan dengan cara memadati jalan-jalan untuk menyerukan rasa sukur kepada Tuhan YME. “Namanya takbiran ya pasti ramai. Karena rasa syukurnya kepada Alloh. Bisa saja dengan takbir keliling dijalanan,” imbuhnya

Dengan hadirnya Hari Raya Idhul Fitri ini, semua umat Islam dari semua kalangan, semua umur dari yang tua hingga anak-anak menyambutnya dengan suka cita.

Di Masjid Al Ihsan Dusun Slumbung, tampak anak-anak yang masih disekitaran usia 7 tahun meramaikan masjid. Dengan kreasi mereka, membunyikan bedhuk dan alat-alat lainnya untuk mengiringi lantunan takbir.

“Membunyikan bedhuk dan alat-alat lain sudah menjadi budaga kita. Sejak saya kecil dulu juga seperti ini, bahkan sampai besuk subuh bergantian membunyikannya,” ujar Nur Khamid ,46, warga setempat.(zay)

Keterangan Gambar : Keceriaan anak-anak menyambut hari kemenangan di Masjid Al Ihsan Dusun Slumbung Desa Padas Kabupaten Ngawi.(Foto: Zayyin)